Penggunaan Antibiotik untuk Ayam

Pertanianku — Penggunaan antibiotik untuk ayam menimbulkan berbagai macam kontroversi. Ada pihak yang tidak menyetujui penggunaannya karena dinilai dapat menimbulkan residu pada daging atau telur ayam. Residu tersebut cukup berbahaya jika tertimbun di dalam tubuh manusia. Namun, ada juga pihak yang pro terhadap penggunaan antibiotik untuk ayam.

antibiotik untuk ayam
foto: pertanianku

Antibiotik merupakan suplemen yang biasa ditambahkan ke pakan ayam. Pada dasarnya, penambahan probiotik memiliki tujuan dan manfaat yang jelas jika digunakan dengan dosis yang tepat. Penggunaan antibiotik bisa memacu pertumbuhan, menjaga kesehatan ayam, dan meningkatkan efisiensi pakan.

Dalam usaha peternakan, pakan merupakan salah satu kebutuhan penting yang memiliki porsi terbesar pada biaya produksi. Oleh karena itu, pakan yang diberikan harus efisien agar pertambahan ayam bisa cepat sesuai dengan harapan. Penggunaan antibiotik diharapkan mampu meningkatkan efisiensi pakan menjadi lebih baik.

Loading...

Sebenarnya, penggunaan antibiotik dianjurkan jika digunakan dalam dosis yang rendah atau sesuai dengan dosis. Penggunaan dalam dosis tinggi sangat tidak disarankan karena berbahaya untuk manusia yang akan memakannya serta untuk kesehatan ayam itu sendiri. Selain itu, waktu pemberian antibiotik juga harus dipertimbangkan karena memengaruhi residu pada produk yang dihasilkan, seperti daging dan telur.

Ayam masih bisa diberikan pakan yang mengandung antibiotik saat dua minggu sebelum dipanen. Pemberian pada waktu tersebut dianggap lebih aman untuk menghindari timbulnya residu saat ayam dipanen, baik di daging maupun telur. Antibiotik yang sering dicampurkan ke pakan ayam adalah Zn-bacitracin.

Antibiotik yang diberikan untuk ayam mampu menghambat pertumbuhan organisme yang menghasilkan amoniak berlebih atau senyawa toksin di dalam saluran pencernaan. Dengan begitu, antibiotik berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan ayam.

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare

Selain itu, antibiotik juga berfungsi untuk memperbaiki penyerapan nutrien yang didapatkan dari pakan dan memperbaiki konsumsi ransum dan air minum. Hal tersebut dapat berdampak pada pertumbuhan ayam karena pakan yang dikonsumsi bisa berfungsi optimal.

Antibiotik juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit masuk ke tubuh ayam sehingga ayam tidak mudah sakit.

 

Loading...
Loading...