Penggunaan Biskuit Sebagai Solusi Pakan Ternak


Pertanianku – Khusus untuk pakan, dalam usaha peternakan selalu menjadi sorotan, tidak hanya dalam usaha pembibitan, tetapi juga dalam usaha pembesaran maupun penggemukan ternak. Tidak hanya untuk ternak potong, tetapi juga untuk ternak perah penghasil susu. Sudah diketahui bersama bahwa selama ini sejumlah harapan dari para peternak adalah adanya pakan yang berkualitas tinggi, murah, dan tersedia sepanjang tahun. Salah satu kelebihan biskuit pakan adalah tidak tergantung musim.

Biskuit Pakan Sebagai Solusi

Pada saat musim kemarau, saat peternak kesulitan mendapatkan pakan hijauan segar, peternak tidak perlu lagi khawatir karena biskuit pakan bisa disimpan lama. Biskuit pakan bisa bertahan sampai dengan sembilan minggu. Biskuit pakan pun aman bagi kesehatan ternak, murah, dan mudah diperoleh.

Biskuit pakan bisa dibuat sedemikian rupa dengan formulasi sesuai tujuannya. Peternak dapat membuat biskuit pakan sendiri dengan tujuan meningkatkan bobot ternak agar produksi dagingnya meningkat atau meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi susu. Biskuit biosuplemen dibuat dari bahan-bahan yang mengandung zat aktif yang dapat meningkatkan produksi susu.

Biskuit biosuplemen cocok diberikan untuk ternak yang diambil produk susunya, misalnya kambing perah dan sapi perah. Sama halnya dengan biskuit pakan, biskuit biosuplemen sangat menguntungkan karena mempermudah dalam transportasi, penyimpanan, penanganan, serta pemberiannya ke ternak. Biskuit biosuplemen pakan memiliki tekstur yang kasar karena terdiri atas bahan baku campuran konsentrat dengan hijauan. Biskuit pakan terdiri atas dua macam, yaitu biskuit pakan untuk meningkatkan produktivitas ternak seperti konsumsi pakan dan pertambahan bobot badan.

Biskuit pakan merupakan pakan sebagai pengganti hijuan. Biskuit biosuplemen pakan adalah biskuit yang digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan produksi dan kualitas susu. Biskuit biosuplemen tidak berfungsi sebagai pakan pengganti hijuan, tetapi sebagai suplemen yang ditambahkan ke dalam pakan. Bahan baku campuran yang bisa dipakai dalam pembuatan biskuit biosuplemen pakan adalah bahan-bahan baku yang mengandung sumber serat, protein dan energi, serta bahan yang mengandung bioaktif yang terdapat pada hijauan dan legume seperti daun pepaya, daun katuk, dan daun indigofera. Bahan baku biskuit biosuplemen dicampur dengan konsentrat seperti bungkil kedelai, CGM, bungkil kelapa, vitamin, mineral, serta perekat untuk memacu produktivitas ternak.

Baca Juga:  Kementan Bangun Kawasan Pertanian Modern Serpong

 

Sumber: Buku Teknik Buatan Pakan Ternak

loading...
loading...