Penggunaan Pupuk dan Pestisida Jangan Sampai Berlebihan! Begini Caranya


Pertanianku — Bercocok tanam adalah sebuah kegiatan pertanian yang memiliki beberapa faktor penting guna menunjang tanaman yang akan dibudidayakan. Faktor penunjang tersebut adalah penggunaan pupuk dan pestisida. Pemupukan dan pemberian pestisida tidak boleh dilakukan sembarangan karena akan menentukan hasil pertanian, baik sayur maupun buah.

penggunaan pupuk dan pestisida
Foto: Pixabay

Pada dasarnya pupuk berguna menambah unsur-unsur hara pada tanah. Sementara itu, pestisida berfungsi sebagai pengendali hama dan penyakit yang kapan saja bisa menyerang tanaman. Oleh karena itu, penggunaan keduanya harus tepat.

Salah satu faktor keberhasilan tanaman yang dibudidayakan tidak terpisah dari pemberian pupuk dan pestisida. Bahkan, banyak petani menyebutkan bahwa pupuk dan pestisida adalah sebuah jaminan agar hasil tanaman memuaskan.

Pemberian pupuk dan pestisida secara tepat menjadi hal yang harus diperhatikan secara serius. Hal ini tidak lain karena keduanya memegang peranan besar dalam kegiatan bercocok tanam. Terlebih biaya produksi yang dikeluarkan untuk keduanya tidak sedikit.

Bagi Anda yang ingin bercocok tanam, terlebih bagi pemula, harus menguasai dasar-dasar tersebut agar hasil tanaman yang dibudidayakan sesuai harapan. Anda tidak perlu risau, pasalnya buku Panduan Praktis Penggunaan Pupuk & Pestisida terbitan Penebar Swadaya bisa menjadi salah satu solusi. Dapatkan buku Panduan Praktis Penggunaan Pupuk & Pestisida dengan mengakses langsung bukularis.co.id.

Buku Panduan Praktis Penggunaan Pupuk & Pestisida menyajikan informasi secara lengkap mengenai penggunaan pupuk untuk tanaman sayur dan buah, jenis-jenis pupuk dan pestisida yang beredar di pasaran, serta cara tepat penggunaannya. Di dalam buku Panduan Praktis Penggunaan Pupuk & Pestisida juga dilengkapi dengan kiat sukses bertanam sayur dan buah serta informasi penting lainnya yang harus diperhatikan dalam penggunaan pupuk dan pestisida. Tunggu apalagi? Segera beli dan dapatkan Panduan Praktis Penggunaan Pupuk & Pestisida agar bertanam Anda jadi lebih mudah!

Baca Juga:  Cara Efektif Mengatasi Penyakit Hawar Daun Tanaman Padi