Penggunaan Varietas Hibrida pada Melon


Pertanianku – Hampir semua lapisan masyarakat menyukai buah melon, terlebih dengan rasanya yang manis sehingga mampu menggugah selera. Dengan segudang keunggulannya, kini melon menjadi buah popular yang banyak dikonsumsi masyarakat. Tingkat permintaan masyarakat yang tinggi menjadikan melon sebagai salah satu komoditas agribisnis unggulan.

DSC02775

Agar bisnis melon sukses, langkah awal yang harus ditempuh adalah pengenalan varietas yang memiliki daya saing tinggi dari sisi mutu buah, produktivitas, serta ketahanan terhadap hama dan penyakit.

Varietas melon yang umum beredar di pasaran di antaranya adalah sky rocket, action, monami red, glamour, select rocket, jade dew, honey dew, autumn sweet, golden prize, red queen, dan emerald sweet. Beberapa varietas melon unggul telah dikeluarkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), di antaranya melon IPB-1 (golden meta) dan melon IPB-2 (bright meta).

Varietas unggul dihasilkan melalui suatu program pemuliaan tanaman. Perakitan varietas hibrida merupakan alternatif yang menjanjikan dalam upaya menghasilkan benih melon yang unggul. Melon hibrida memiliki keunggulan dalam hal keseragaman buah yang tinggi, baik dalam bentuk maupun mutunya, daya tumbuh yang cepat, serta memungkinkan diperoleh kombinasi karakter yang diinginkan pada satu tanaman.

Baca Juga:  Alpukat dan Almond Bisa Cerdaskan Otak Manusia
loading...
loading...