Pengolahan lahan Jagung Manis


Pertanianku – Lahan yang akan ditanami jagung manis harus dipersiapkan dengan baik agar tercipta kondisi lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan tanaman. Jagung manis memerlukan tanah yang gembur, remah, bebas gulma, serta cukup air dan hara. Setelah dilakukan tata letak lokasi penanaman maka tahap selanjutnya adalah persiapan lahan. Persiapan lahan untuk penanaman jagung manis meliputi pengolahan tanah, pengapuran, dan pemupukan dasar.

Karakter Unggul Jagung Manis

Pengolahan tanah bermanfaat untuk memperbaiki tekstur tanah sehingga dapat menyimpan udara dan air bagi akar, memperlancar sirkulasi udara di dalam tanah, menghambat tumbuhnya gulma dengan cara membalik tanah, memutus siklus hama dan penyakit yang tinggal di dalam tanah, serta mendukung pertumbuhan perakaran tanaman. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pembajakan tanah dan penghalusan tanah. Pembajakan merupakan proses membalikkan tanah dengan menggunakan bajak yang ditarik hewan ternak maupun traktor untuk membalik lapisan sub-soil menjadi lapisan top-soil yang subur. Setelah pembajakan, proses selanjutnya adalah penghalusan tanah (penggaruan) agar diperoleh butiran tanah yang lebih kecil (remah) dan lebih rata sehingga mudah ditanami. Cara pengolahan lahan adalah sebagai berikut.

1) Lahan dibersihkan dari sisa-sisa tanaman dan sampah.

2) Tanah dibajak atau dicangkul sedalam 20—30 cm. Hasil pembajakan tanah merupakan bongkahan tanah berukuran relatif besar. Biarkan terkena sinar matahari dan hujan selama satu minggu untuk mengurangi zat beracun dan patogen tertentu dalam tanah. Sebaiknya tanah yang akan diolah jangan terlalu basah. Jika lahannya miring maka lebih baik terlebih dahulu dibagi menjadi beberapa petak yang rata.

3) Tanah digemburkan menggunakan garu atau cangkul sedalam kirakira 20 cm secara merata.

4) Saluran drainase dibuat setiap 4,5 m di sepanjang barisan tanaman atau sesuai panjang lahan. Lebar saluran 30 cm dengan kedalaman 30 cm. Saluran ini dibuat terutama pada tanah yang drainasenya jelek.

Baca Juga:  Sejuta Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

5) Sebagai alternatif dapat pula dibuat bedengan-bedengan dengan ukuran lebar 50—70 cm.

 

Sumber: Buku Jagung Manis

 

loading...
loading...