Pengolahan Produk Lele


Pertanianku – Saat ini, lele masih dijual dalam keadaan hidup dan belum mengalami proses pengolahan. Jika produksi lele yang diproyeksikan naik 450% pada tahun 2014, produksi tersebut tidak akan dapat terserap hanya untuk produk hidup/segar.

Pengolahan Produk Lele

Untuk itu, pengolahan lele menjadi aneka produk kering merupakan salah satu upaya untuk mengatasi adanya lonjakan produksi. Pengolahan lele menjadi aneka produk menumbuhkan peluang untuk dijadikan industri rumah tangga, yang dapat memberikan lapangan pekerjaan dan penghasilan bagi keluarga.

Seperti halnya ikan laut, lele dapat didiversifikasi menjadi berbagai macam produk, baik secara tradisional maupun konvensional. Pengolahan tradisional lele yang berkembang di masyarakat adalah lele asap, sedangkan pengolahan secara konvensional lele dapat diolah menjadi produk seperti abon, kerupuk, keripik dan krispi.

Hasil samping pengolahan lele seperti kulit, sirip, dan tulang rawan dapat diolah menjadi produk pangan yang rasanya tak kalah enaknya dengan dagingnya. Di samping itu, mutu dan kemasan yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga orang mau membelinya.

Pengolahan Produk Lele

Sumber: Buku Aneka Produk Olahan Lele

Baca Juga:  Panen Nila 500 Gram per Ekor
loading...
loading...