Pengunjung GPN 2018 Datang dari Berbagai Daerah


Pertanianku —  Gelar Pangan Nusantara (GPN) 2018 resmi dibuka pada Jumat (27/7) pagi. Acara yang diselenggarakan di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta tersebut berlangsung sangat meriah. Pengunjung GPN 2018 datang dari berbagai daerah, bahkan hadir pula anak-anak SMA/SMK dan mahasiswa.

Pengunjung GPN 2018
Foto: Dok. Pertanianku

Indonesia memang negara yang kaya akan kuliner khas nusantaranya. Untuk memperkenalkan keanekaragaman tersebut, Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gelar Pangan Nusantara.

Di hari pertama gelaran yang akan dilaksanakan selama tiga hari dari 27—29 Juli 2018 ini sudah terlihat antusias para pengunjung yang sangat tinggi. Mereka tak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga dari beberapa daerah di luar Jakarta.

Pada perhelatan tersebut dipamerkan beragam pangan yang berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Setiap stand dengan nama provinsinya masing-masing menyediakan sampel aneka jenis olahan yang diklaim sebagai makanan beragam, bergizi, dan berimbang.

Pengunjung diberikan pengalaman untuk mencicipi beragam makanan olahan yang disediakan di sana. Ada tempat khusus dengan nama “Pojok Icip-icip” yang disediakan oleh panitia penyelenggara, dimana tempat tersebut disediakan pangan khas nusantara dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Acara ini membuat kita tahu macam-macam makanan yang ada di Indonesia. Terutama kita yang disebut sebagai remaja zaman sekarang kan jadi tahu jenis-jenis makanan Indonesia dari barat hingga timur,” ujar seorang siswi SMK jurusan Tata Boga yang tidak menyebutkan namanya itu.

Seperti yang dikatakan Kepala Badan Ketahan Pangan, Agung Hendriadi beberapa waktu lalu pada acara konferensi pers GPN 2018 bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan eksistensi pangan lokal Indonesia. Apalagi menurutnya Indonesia memiliki pangan yang sangat kaya dan beragam.