Penting! 3 Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi dan Ekonomi

Pertanianku — Saat ini, keberadaan terumbu karang semakin terancam. Keadaannya semakin rusak karena kita sebagai manusia kurang memberi perhatian untuk menjaganya. Sebagai langkah awal, manfaat terumbu karang harus kita pahami dan kita sadari.

Terumbu karang secara umum dapat dinisbatkan kepada struktur fisik beserta ekosistem yang menyertainya yang secara aktif membentuk sedimen kalsium karbonat akibat aktivitas biologi (biogenik) yang berlangsung di bawah permukaan laut.

Bagi ahli geologi, terumbu karang merupakan struktur batuan sedimen dari kapur (kalsium karbonat) di dalam laut, atau disebut singkat dengan terumbu. Bagi ahli biologi terumbu karang merupakan suatu ekosistem yang dibentuk dan didominasi oleh komunitas koral.

Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. Estimasi jenis manfaat yang terkandung dalam terumbu karang dapat diidentifikasi menjadi dua, yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.

Manfaat dari terumbu karang secara ekologi dan ekonomi yang langsung dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah sebagai tempat hidup ikan yang banyak dibutuhkan manusia dalam bidang pangan seperti ikan kerapu, ikan baronang, ikan ekor kuning, dan lainnya.

Terumbu karang juga menjadi pusat pariwisata, yakni wisata bahari melihat keindahan bentuk dan warnanya. Juga, dapat dimanfaatkan untuk penelitian dan pemanfaatan biota perairan lainnya yang terkandung di dalamnya.

Sementara, yang termasuk dalam pemanfaatan tidak langsung adalah sebagai penahan abrasi pantai yang disebabkan gelombang dan ombak laut, serta sebagai sumber keanekaragaman hayati.

Baca Juga:  Nasib Bilby, Kelinci Paskah dari Australia yang Hampir Punah
Loading...