Penting! Anda Perlu Tahu Khasiat Rebung untuk Kesehatan


Pertanianku — Rebung sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Rasa lezat sayur rebung dapat membuat selera makan bertambah. Namun tahukah Anda, khasiat rebung ternyata sangat baik untuk kesehatan kita. Di dalamnya terkandung beberapa senyawa yang menyehatkan.

khasiat rebung
Foto: Google Image

Rebung atau dalam bahasa Inggris disebut bamboo shoot ini merupakan tunas bambu yang masih muda. Pemanfaatan rebung untuk bahan masakan sesungguhnya telah dilakukan sejak zaman dulu. Panen rebung biasanya dilakukan sepanjang tahun. Rebung akan dipanen ketika ketinggiannya sudah mencapai 20 cm dari atas tanah dan diameternya sekitar 7 cm.

Kandungan kalium dalam rebung kurangi risiko stroke

Pada rebung terdapat banyak senyawa seperti air (paling banyak sampai 91%), thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, besi, dan lainnya. Kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang terkandung di dalamnya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Begitu juga dengan kandungan kaliumnya yang cukup tinggi, yakni 533 mg per 10 gramnya.

Makanan yang kaya akan kalium, minimal 400 mg sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke. Penderita stroke seringkali didapati mengalami defisiensi mineral ini. Selain itu, orang yang menderita kekurangan kalium akan menderita pelunakan otot. Oleh karena itu, Anda harus mencukupinya dengan mengonsumsi rebung.

Kandungan serat dalam rebung cegah berbagai penyakit

Selain kalium, rebung juga sangat kaya serat pangan, yakni sebanyak 2,56 persen. Kandungan seratnya sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran tropis lainnya seperti mentimun (0,61%), sawi (1,01%), kedelai (1,27%), dan lainnya. Kekurangan serat pada tubuh manusia tidak akan menimbulkan gejala yang spesifik. Namun, ketercukupannya harus selalu dipenuhi untuk meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.

Bahkan, dalam beberapa penelitian, telah ditemukan bahwa kekurangan serat ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kekurangan serat dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis, diabetes melitus, jantung koroner, hiperkolesterolemia, kanker kolon (usus besar), dan lainnya.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Akar Pisang untuk Atasi Masalah Kesehatan

Serat pangan merupakan senyawa yang berbentuk karbohidrat kompleks dan biasanya banyak terdapat pada dinding sel tanaman pangan, termasuk rebung. Serat pangan memang tidak dapat dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan, namun fungsinya sangat penting untuk memelihara tingkat kesehatan manusia. Rebung bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk memenuhi ketercukupan serat setiap hari.

loading...
loading...