Penting! Perhatikan Ini dalam Budidaya Ikan Konsumsi

Pertanianku Budidaya ikan konsumsi sudah banyak dilakukan pembudidaya. Mulai dari ikan air laut, payau hingga air tawar. Prospek yang menjanjikan membuat banyak orang tertarik untuk melakukan budidaya. Masalahnya, tidak semua orang tahu bahwa hal-hal ini perlu diperhatikan dalam budidaya.

Budidaya ikan konsumsi
Foto: pixabay

Komoditas ikan

Tidak semua ikan bisa dibudidaya. Hal ini kembali lagi kepada selera konsumen. Ikan yang digemari akan lebih mudah laku dengan harga yang baik. Selain itu, peluang eskpor ikan konsumsi pun terbuka lebar.

Jika pemilihan ikan dilakukan dengan tepat, keuntungannya pun bisa berlipat. Pilihan jenis ikan ini bisa dibaca selengkapnya di Kiat Sukses Pembenihan & Pembesaran 13 Ikan Konsumsi di Lahan Sempit.

Produk bernilai lebih

Berikan nilai tambah pada ikan yang Anda budidayakan. Mengolah ikan menjadi produk makanan siap saji akan meningkatkan harga ikan di pasaran. Sebagai contoh olahan ikan yang sudah populer adalah abon ikan, nugget ikan, dan sebagainya.

Pemanfaatan lahan

Lahan yang sempit tidak membatasi peluang kesuksesan bisnis budidaya ikan konsumsi. Penggunaan lahan pun sebaiknya digunakan secara maksimal.

Sumber air dan tenaga kerja

Meskipun dua hal ini sangat berbeda, keduanya memegang peranan penting dalam budidaya. Sumber air sangat penting karena memengaruhi hidup ikan konsumsi. Jika sumber air yang digunakan bagus, ikan pun berpeluang tumbuh lebih sehat dan lebih gemuk.

Pentingnya tenaga kerja akan terlihat ketika ikan mengalami berbagai masalah seperti sakit atau terserang hama. Tenaga kerja yang baik dan terampil juga dibutuhkan untuk menjaga kolam ikan dari kebocoran, kerusakan sarana, dan sebagainya.

Kondisi pasar

Ikan umumnya akan terus dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan pula telah menjadi salah satu lauk penyumbang protein hewani terbesar di pola konsumsi masyarakat. Namun, Anda perlu memerhatikan beberapa hal ketika hendak menjual ikan tersebut.

Baca Juga:  Khasiat Daging Belut Ternyata Menakjubkan

Pada hari-hari besar dan hari libur tertentu harga jual ikan akan melonjak drastis. Manfaatkan momen ini sebagai salah satu cara memperoleh keuntungan maksimal. Misalnya pada saat Natal, Tahun Baru, dan libur sekolah.

Daerah tertentu juga memiliki peluang harga ikan yang lebih tinggi. Di kota-kota besar misalnya, masyarakat lebih suka mengonsumsi ikan sehingga harganya lebih mahal. Selain itu, ketika sedang musim gelombang besar, nelayan akan menghindari untuk melaut.

 

Loading...