Penting! Tips untuk Ternak Kelinci Modern


Pertanianku Ternak kelinci memang memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu sumber pendapatan. Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya permintaan pasar akan daging kelinci.

Ternak kelinci
Foto: Shutterstock

Anda tentu tahu bahwa saat ini juga telah banyak menu olahan yang menggunakan daging kelinci dan juga banyak disukai masyarakat. Jadi, wajar saja kalau permintaan daging kelinci terus meningkat. Nah, kali ini akan dibagikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan ketika memulai untuk beternak kelinci.

  1. Pastikan terdapat pasar yang mau menampung hasil ternak kelinci

Hal ini dianggap penting karena langkah terakhir yang dibutuhkan untuk menyempurnakan usaha ternak kelinci adalah upaya pemasaran. Dengan berhasil menjualnya di pasar yang tepat, dapat dipastikan pula bahwa usaha ternak kelinci dapat dikatakan berhasil.

  1. Gunakan kandang baterai yang diberi litter untuk pembesaran

Kelinci dapat dibudidayakan untuk dibesarkan dan dijual dagingnya di kemudian hari. Jika Anda membesarkan kelinci dari anakan, akan lebih baik menggunakan kandang baterai yang diberi alas litter. Hal ini cukup membantu pertumbuhan anakan kelinci dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

  1. Sediakan pakan yang mencukupi

Pakan yang mencukupi juga menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi perkembangan kelinci yang dipelihara. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan pakan yang cukup jika ingin ternak kelinci modern yang Anda upayakan dapat berjalan dengan baik.

  1. Sediakan obat-obatan

Obat-obatan juga menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi ketika melakukan ternak kelinci modern. Penanganan yang cepat dan tepat terhadap hewan ternak yang sakit harus menjadi proritas utama bagi peternak. Sebab, apabila terjadi keterlambatan dalam penanganan ternak yang sakit, bukan tidak mungkin akan terjadi suatu hal yang fatal seperti berupa kematian hewan ternak yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi peternak untuk menyediakan stok obat-obatan yang cukup untuk kelinci yang ia ternakkan.

  1. Usahakan penerangan di kandang cukup
Baca Juga:  Peluang NTT untuk Kembangkan Peternakan Lahan Kering

Usahakan untuk menyediakan penerangan yang cukup di kandang. Penerangan yang cukup dapat diupayakan dengan mudah apabila menggunakan instalasi lampu listrik. Dengan dilengkapi saklar, kebutuhan penerangan kandang akan leibh mudah diatur oleh peternak.

Penerangan itu sendiri tentu juga baik untuk hewan ternak yang dibudidayakan. dengan penerangan yang cukup, hewan ternak berupa kelinci akan lebih leluasa untuk bergerak lincah seperti yang dilakukan di habitat aslinya sehingga pertumbuhan kelinci tersebut juga akan lebih sehat.