Pentingkah Penyediaan Ransum untuk Ayam Kampung?


Pertanianku – Penyediaan ransum bagi ayam kampung merupakan hal penting yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum peternak melangkah lebih jauh. Masalah tersebut akan menjadi cukup pelik untuk ayam kampung ini sebab tidak ada yang menjual makanan khusus ayam kampung. Jadi, apakah peternak harus membuat sendiri atau memakai makanan ayam ras? Hal inilah yang akan dibahas di sini.

Jenis Pakan untuk ayam Broiler

Sebenarnya suatu makanan layak dibuat sendiri bila dari hasil pembuatan itu kita mampu menghasilkan ransum yang lebih murah daripada membeli. Masalah ini tergantung pada kemampuan peternak menguasai bahan makanan yang dibutuhkan dan jumlah ayam yang dipelihara. Bila peternak tidak menguasai bahan-bahan makanan dan jumlah ayam yang dipelihara sedikit, sebaiknya membeli saja. Memang dalam urusan makanan ini yang paling berperan adalah menguasai bahan-bahan makanan itu. Apabila menguasai bahan-bahan makanan, tetapi jumlah ayam yang dipelihara tidak seberapa, ada baiknya peternak tetap membuat sendiri. Sementara itu, Anda dapat berperan juga sebagai penjual makanan ayam.

Kini bila Anda ingin membeli jadi, sementara tidak ada makanan khusus untuk ayam kampung, langkah yang dapat diambil adalah memakai makanan ayam ras petelur dengan petunjuk sebagai berikut. Untuk anak ayam kampung dapat menggunakan makanan ayam ras petelur masa awal. Hal yang sama dapat diterapkan pada anak ayam pelung, anak ayam bekisar, dan anak ayam bangkok. Untuk masa remaja, dapat menggunakan makanan ayam ras petelur masa bertelur fase I dan terakhir menggunakan makanan ayam broiler masa finisher.

Sebagai sesama unggas dan ayam petelur dwiguna, antara ayam kampung dan ayam ras tidak terlalu berbeda. Hal yang membedakannya adalah kemampuan genetisnya dalam produksi dan dalam memanfaatkan makanan untuk produksi itu. Inilah yang kemudian menimbulkan kekhawatiran bahwa ransum ayam ras petelur yang diberikan kelak akan memberatkan biaya produksi. Sebab, pada ayam kampung, selama lima bulan pertama, belum ada hasil yang dapat dinikmati, sedangkan produksi telurnya tidak seberapa.

Baca Juga:  Cara Mudah Ternak Merpati Potong yang Datangkan Untung

Selain itu, lebih dari 70% biaya produksi adalah biaya makanan. Rendahnya produksi telur juga dapat disebabkan oleh peternak tidak memberikan makanan sesuai dengan yang dibutuhkan. Akan tetapi, bila peternak memberikan makanan yang baik dan penghitungan produksi ayam kampung ini dilakukan secara menyeluruh, artinya total selama masa produksi, belum tentu pemberian makanan ayam ras petelur untuk ayam kampung itu merugikan. Untung dan rugi tidak ditentukan pada masalah tersebut, tetapi oleh penguasaan pasar dan pengelolaan keuangan dengan baik oleh peternak. Hanya masalahnya adalah apakah sudah sesuai antara kandungan nutrisi di dalam makanan itu dengan yang dibutuhkan oleh ayam kampung? Hal ini lebih penting diperhatikan oleh peternak. Bagaimana pun, tentu makanan khusus untuk ayam kampunglah yang lebih tepat diberikan.

 

Sumber: Buku Beternak Ayam Kampung

 

loading...
loading...