Pentingnya Asupan Nutrisi Ikan Oscar agar Warna Sisik Cerah dan Menarik

Pertanianku — Sebagai salah satu primadona ikan hias air tawar, ikan oscar juga perlu diperhatikan asupan nutrisinya. Asupan nutrisi pakan ikan oscar menjadi salah satu hal yang paling penting agar warna sisik cerah dan menarik.

nutrisi pakan ikan oscar
Foto: pixabay

Ada beberapa jenis pakan ikan oscar, meliputi pakan organik dan pakan buatan. Pakan buatan sendiri cukup jarang diberikan karena oscar tidak begitu berminat pada pakan yang tidak bergerak. Meskipun demikian, pakan buatan tetap diberikan terutama oleh pembudidaya.

Keunggulan pakan buatan adalah lebih hemat dan tidak mudah busuk. Pakan buatan sebaiknya diberikan pada ikan yang masih kecil. Hal ini sekaligus melatih ikan tersebut untuk makan pakan buatan.

Loading...

Pakan buatan yang paling sering digunakan adalah pelet. Hal ini karena kandungan karbohidrat, protein, dan kalsium pada pelet mampu memenuhi nutrisinya.

Sementara, pakan organik yang biasa diberikan sangat banyak. Mulai dari ulat, jangkrik, kelabang, katak, sampai anakan ikan dapat diberikan untuk menunjang pertumbuhannya.

Kelebihan pakan organik antara lain dapat memberikan rangsangan bagi ikan oscar untuk menyantapnya. Nafsu makan ikan oscar meningkat karena pakan organik biasanya diberikan dalam keadaan hidup. Ikan akan merasa tertantang untuk memburu mangsanya. Selain itu, pakan yang masih hidup juga tidak akan busuk dan kualitas air tetap terjaga dengan baik.

Pakan ikan oscar sebaiknya banyak mengandung protein. Hal ini untuk menjaga kondisi badannya dan bekal pertumbuhan. Protein juga bisa memengaruhi perkembangan dan warna badan dari ikan oscar tersebut.

Makanan ikan asal Amerika Selatan ini diberikan dalam bentuk kecil agar mudah dicerna. Namun jika sudah tumbuh dewasa, makanan dalam ukuran besar dapat diberikan untuk menghemat waktu dan tenaga.

Baca Juga:  Kunci Sukses Memelihara Ikan dalam Instalasi Budikdamber

Sebaiknya, ikan oscar diberi makan tidak terlalu sering. Ikan oscar juga harus diberikan pakan tepat waktu dan tidak telat. Pakan oscar hidup seperti ikan dan udang, sebaiknya diberikan dua hingga tiga hari dalam satu hari. Hal tersebut berlangsung selama empat kali dalam seminggu.

Adapun pakan berupa jangkrik dan kelabang, cukup diberikan satu atau dua ekor. Pemberian pakan tersebut sebaiknya dilakukan hanya tiga kali seminggu. Jenis pakan organik tersebut sangat baik diberikan karena merupakan makanan alami ikan oscar di habitatnya.

 

 

Loading...
Loading...