Pentingnya Biosecurity Ayam Kampung untuk Mencegah Penyakit

Pertanianku — Salah satu keberhasilan beternak ayam kampung adalah manajemen yang baik. Biosecurity ayam kampung sendiri merupakan salah satu tahap manajemen yang harus dilakukan agar ayam kampung yang diternakkan tidak sakit dan akan berujung pada kerugian.

 Biosecurity Ayam
foto: pertanianku

Biosecurity harus dijalankan secara intensif oleh peternak guna mencegah penyakit. Dengan kata lain, hal ini merupakan usaha maksimal untuk meminimalkan penyakit dari luar peternakan menyerang ayam ternak yang berada di dalam peternakan.

Langkah-langkah biosecurity ayam kampung dapat Anda lakukan dengan tahapan-tahapan berikut ini.

Loading...
  1. Lokasi peternakan yang digunakan harus berada pada posis yang ideal, tidak terlalu dekat dengan pemukiman, dan tidak berdempetan dengan lokasi peternakan unggas lain yang tidak sejenis.
  2. Lakukan pemasangan pagar pada sekeliling kandang guna mencegah hewan-hewan liar masuk ke area peternakan. Hewan liar dapat menjadi salah satu faktor penyakit yang dapat menyerang ayam.
  3. Pagar yang dipasang untuk melindungi area peternakan dibuatkan instalasi biosecurity berupa kran penyemprotan desinfektan. Desinfektan ini akan otomatis menyemprotkan cairan yang dapat membersihkan apabila ada yang keluar dan masuk ke kandang.
  4. Memberi batas untuk akses masuk ke dalam kandang, terutama bagi yang tidak memiliki kepentingan.
  5. Diusahakan untuk tidak memelihara ayam yang memiliki umur berbeda dalam satu kandang.
  6. Melakukan desinfeksi secara rutin terhadap kandangan dan peralatan kandang, hal ini termasuk melakukan program vaksinasi yang ketat.
  7. Menjaga kebersihan kandang dan berbagai peralatan yang berada di dalam area kandang secara rutin.
  8. Rutin membersihkan kotoran ayam yang menumpuk pada kandang serta melakukan SOP (Standard Operational Procedure) kandang yang sesuai dan tuntas pada saat setelah panen ataupun akan memulai siklus kembali.
  9. Jika memelihara ayam dengan umur yang berbeda, biasakan tiap harinya mengurus ayam dari umur yang paling kecil dahulu, lalu dilanjutkan dengan ayam yang lebih besar. Jika ada ayam yang sakit, urus ayam yang sehat terlebih dahulu baru ayam yang sakit. Setelah itu, petugas kandang harus membersihkan diri.
  10. Jangan sembarangan memasukkan ayam dari peternakan lain ke peternakan Anda karena berpotensi menyebarkan penyakit, kecuali saat day old chick (DOC).
  11. Jangan melakukan aktivitas pemotongann ayam terutama ayam dari peternakan lain di area peternakan dan sekitar kandang. Hal ini sangat berpotensi menyebarkan penyakit melalui banyak media seperti udara, air mengalir, bulu, dan darah.
Baca Juga:  Jadi Peternak Harus Kreatif
Loading...
Loading...