Pentingnya Konsentrat untuk Ternak

Pertanianku — Ternak mendapatkan nutrisi dari pakan yang diberikan oleh peternak. Namun, tidak jarang pakan yang diberikan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk energi hewan ternak tiap harinya. Konsentrat adalah bahan pakan yang memiliki kadar protein dan karbohidrat tinggi dan kadar serat kasar yang rendah.

konsentrat

Konsentrat harus memiliki kadar protein di atas 15 persen dan serat kasar di bawah 18 persen. Oleh karena itu, pakan tambahan dibutuhkan oleh peternak untuk membantu pertumbuhan ternak berjalan lebih cepat. Fungsi utama konsentrat bagi ternak adalah untuk meningkatkan mutu gizi yang dibutuhkan oleh ternak sehingga mampu mempercepat pertumbuhan hewan.

Loading...

Konsentrat terdiri atas beberapa bahan baku yang sama-sama memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. Bahan-bahan tersebut mengandung protein, mineral, dan vitamin yang disesuaikan untuk kebutuhan ternak.

Bahan pakan tambahan sendiri biasanya berupa sumber serat nonrumput seperti bungkil kelapa sawit dengan komposisi sebanyak 2 hingga 3 persen dari bobot tubuh. Konsentrat juga disebut sebagai pakan penguat. Pakan penguat yang diberikan sebelum pemberian pakan utama bertujuan meningkatkan jumlah protein pakan yang dibutuhkan oleh ternak.

Pakan tambahan sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sebagai sumber energi dan sumber protein. Sebagai sumber energi, pakan tambahan akan memiliki serat kasar yang kurang dari 2 persen, TDN lebih dari 65 persen, dan kandungan energi lebih dari 2.250 kkal/kg. Sementara, jika sebagai sumber protein, pakan tambahan harus memiliki protein kasar lebih dari 20 persen.

Konsentrat yang merupakan sumber energi dapat dibuat dari bahan baku seperti gaplek, tepung jagung, pollard, dan dedak padi. Sementara, untuk kosentrat yang merupakan sumber protein dapat terbuat dari daun lamtoro, bungki kelapa, bungkil kapas, ampas sagu, ampas tahu, limbah susu afkir, dan bungkil kedelai.

Baca Juga:  Ternyata Antitoksin Pakan Ampuh Tingkatkan Produksi Susu Sapi

Pakan tambahan ini sangat berguna untuk ternak terutama pada fase pembesaran dan penggemukan. Pakan konsentrat diberikan kepada kambing yang telah lepas sapih atau ternak yang berumur sekitar 3 hingga 7 bulan. Dosis konsentrat yang dapat diberikan biasanya sekitar 200 gram per ekor.

Loading...
Loading...