Pentingnya Manajemen dalam Peternakan Ayam Kampung


Pertanianku – Peternakan ayam Anda tentu harus ada pekerjanya yang mampu bekerja sesuai harapan Anda. Jadwal pekerjaan dalam keseharian juga harus diatur,berbagai catatan produksi dan penjualan juga harus ada dan jelas. Ayam yang sudah dihasilkan tentu harus dijual sehingga melibatkan pasar dan pemasaran. Semua masalah ini dikenal dengan permasalahan bukan teknis.

ayam kampung 3

Sebagai pemilik peternakan, Anda harus dapat mengelola peternakan ayam kampung yang kita punya. Beberapa faktor atau tindakan yang diperlukan sebagai pemilik peternakan yaitu sebagai berikut.

a. Merencanakan usaha

Menentukan usaha peternakan berkaitan dengan tujuan dari usaha tersebut. Berapa produksi yang akan dihasilkan? Berapa biaya yang diperlukan? Berapa tenaga yang diperlukan? Masih banyak hal lain yang perlu direncanakan dulu.

b. Mengoordinasikan pekerja (kegiatan)

Hal ini diperlukan agar segala kegiatan dilakukan dengan efektif. Koordinasi akan berhasil bila didukung dengan perencanaan, struktur organisasi, dan pengarahan yang benar. Apabila memungkinkan dibuatkan jadwal kegiatan.

c. Melakukan pengendalian

Bila usaha peternakan telah berjalan, setiap langkah perlu dievaluasi. Dengan demikian, pengendalian atas adanya penyimpangan dapat dilakukan lebih awal. Pengendalian ini lebih ditekankan pada usaha menyelaraskan antara kenyataan dengan tujuan yang telah direncanakan.

d. Memimpin peternakan

Sebagai pemimpin, Anda harus mengetahui tentang bisnis, teknis beternak, maupun faktor bukan teknis lainnya. Selain itu, risiko dari usaha peternakan bila tidak berhasil pun harus dipahami. Sifat dari pemimpin yang baik adalah mempunyai wawasan yang luas dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

Baca Juga:  Udang Windu Kembali Bangkit karena Phronima Suppa
loading...
loading...