Pentingnya Manfaat Mangrove untuk Kehidupan

Pertanianku — Mangrove merupakan tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut. Hutan mangrove merupakan salah satu jenis hutan yang banyak ditemukan di kawasan muara dengan struktur tanah rawa. Keberadaan hutan tersebut sangat penting untuk keseimbangan ekosistem, salah satu manfaat mangrove yang paling penting adalah penghasil nutrien.

manfaat mangrove
foto: Pixabay

Mangrove terkenal sebagai produsen nutrien yang dibutuhkan untuk menyuburkan perairan laut. Kehadiran mangrove dapat membantu perputaran karbon, nitrogen, dan sulfur. Perairan yang ditumbuhi banyak mangrove akan mengandung banyak nutrien, baik nutrien organik maupun anogranik.

Kondisi perairan yang subur bisa membuat biota laut yang hidup di dalamnya berkembang biak dengan baik. Hal tersebut akan sangat menguntungkan nelayan karena banyak ikan yang bisa ditangkap dan dijual sebagai pendapatan.

Keberadaan mangrove dapat menjaga keberlangsungan fauna yang hidup di sekitarnya, seperti ikan kecil, ular, kerang, dan satwa-satwa liar lainnya. Satwa liar yang sangat bergantung pada keberadaan mangrove adalah kelelawar dan berbagai macam jenis burung, khususnya burung-burung air.

Hutan mangrove menjadi tempat yang sangat berpotensial untuk perkembangbiakan dan pembesaran beberapa hewan, seperti udang. Udang seakan-akan sudah menjadi bagian yang tidak terlepas dari mangrove. Di mana ada mangrove, di situ ada udang.

Sayangnya, saat ini banyak kawasan hutan mangrove yang masuk kategori rusak. Kerusakan tersebut disebabkan oleh menurunnya jumlah luasan hutan. Oleh karena itu, rehabilitasi hutan mangrove sudah sangat diperlukan untuk memulihkan fungsi dari hutan mangrove.

Banyak petani yang mulai sadar untuk menjaga kelestarian mangrove dengan cara menanamnya. Namun, upaya rehabilitasi yang dilakukan dengan cara menanam tidak begitu sebanding dengan tingkat laju kerusakan. Akibatnya, rehabilitasi tidak bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Trik Jitu Membuat Tanaman Cabai di Pot Rajin Berbuah

Manfaat mangrove lainnya yang tidak kalah penting adalah sebagai penyuplai mineral ke pantai atau perairan yang berada di sekitarnya. Mineral yang dilepaskan oleh mangrove adalah nitrogen, fosfor, dan unsur esensial zat hara lainnya.

Keberadaan hutan mangrove sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi atau abrasi pantai karena sedimen yang terlarut dari sungai bisa ditahan oleh mangrove. Selain erosi, mangrove juga bisa meminimalisir risiko banjir di wilayah pesisir. Tanaman ini juga dapat mencegah pemanasan dari perairan laut yang dapat memicu pemanasan global.