Pentingnya Melakukan Seleksi pada DOC


Pertanianku – Untuk mendapatkan pullet ayam elba yang baik, perlu dilakukan penanganan yang baik pada awalnya. Tentu saja hal tersebut diawali dari melakukan seleksi pada DOC. Untuk tujuan itu, sebaiknya membeli DOC dari peternak yang telah melakukan seksing ketika umurnya baru 24 jam setelah menetas, ketika bulu tubuh telah sepenuhnya kering. Dengan demikian, ayam yang dihasilkan nantinya 100% adalah betina.

DOC Pullet

Biasanya seksing dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu feather sex dan cloaca method (metode kloaka). Namun, cara yang paling sering dilakukan adalah cloaca method karena feather sex hanya berlaku untuk ayam ras. Metode kloaka juga memerlukan pelatihan yang tepat agar didapat hasil yang akurat. Berikut ini adalah langkah-langkah seksing pada metode kloaka.

  1. Kaki dan kepala DOC dijepit dengan jari-jari tangan kiri secara hati-hati agar anak ayam tidak merasa sakit.
  2. Setelah itu, dubur DOC dibuka dengan tangan kanan.
  3. Dengan menggunakan penerangan lampu 100 watt, akan terlihat perbedaan kelamin jantan dan betina pada DOC. DOC jantan terlihat ada tonjolan, sedangkan DOC betina tidak ada tonjolan.

Selain dengan metode kloaka, ada cara lain yang dapat dilakukan dalam melakukan seleksi untuk memilih DOC betina. Cara ini cukup sederhana karena hanya meyeleksi DOC berdasarkan fisiknya. Namun, perbedaan fisik antara DOC betina dan jantan baru akan tampak ketika DOC berumur satu bulan. Perbedaan antara DOC jantan dan betina dapat dilihat pada Tabel 5.

 

Sumber: Buku Ayam Elba Kampung Petelur

 

Baca Juga:  Ayam Terkontaminasi, Diam-diam Jadi Pembunuh