Pentingnya Memastikan Murai Tidak Ada Gangguan Kesehatan


Pertanianku – Hal lain yang perlu diperhitungkan dalam menyiapkan calon indukan adalah menyangkut gangguan kesehatan. Jika terjadi gangguan kesehatan dan luput dari perhatian, akibatnya akan berpengaruh buruk pada proses perkawinan dan produksinya. Hal-hal yang perlu dicermati antara lain sebagai berikut.

Menangkarkan Murai

a.Jangan sampai kekurangan gizi dan kurus

Calon indukan yang dipersiapkan diharapkan tidak kekurangan gizi atau badannya terasa kurus ketika dipegang. Burung yang kecukupan gizi dan dirawat sesuai aturan dicirikan rajin berkicau, bulunya terlihat cerah, lincah, dan bergairah.

b. Tidak cacingan

Murai batu yang akan ditangkarkan harus dijaga dari penyakit cacingan. Murai yang terkena cacingan akan berkurang daya seksualitasnya, embrio dalam telur yang dihasilkan tidak bagus. Burung yang sudah lama terkena cacingan mudah terdeteksi dari tingkat kerajinannya berkicau dan kelincahannya yang terus berkurang. Adapun murai yang baru mulai terjangkit penyakit cacingan sulit untuk diperkirakan secara fisik. Oleh karena itu, lebih baik calon pasangan diberi obat cacing khusus unggas sesuai anjuran yang tertera di kemasan agar terhindar dari cacingan.

 

Sumber: Buku Sukses Beternak Murai Batu

 

loading...
loading...