Pentingnya Membeli Ikan Hias di Tempat Terpercaya


Pertanianku – Untuk mendapatkan ikan hias yang berkualitas baik, pastikan membeli ikan hias di tempat-tempat yang terpercaya dengan penjual yang memang telah berpengalaman dalam dunia ikan hias. Bagi pemula, membeli di tempat yang terpercaya akan sangat membantu dalam memulai hobinya. Hal inikarena penjual yang demikian biasanya tidak akan keberatan Untuk  memberikan banyak informasi dan membantu dalam menentukan ikan hias yang terbaik dan sesuai bagi hobiis.

Pastikan Membeli Ikan Hias di Tempat yang sudah Terpercaya

Beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai patokan dalam memilih ikan yang layak untuk dibeli antara lain sebagai berikut.

  • Perhatikan kebersihan lingkungan asal tempat pemeliharaan ikan.
  • Ikan terlihat dalam kondisi yang sehat, lincah/senang berenang, sisik utuh dan mengilap, tidak cacat, memiliki badan yang proporsional, Dan nafsu makannya baik.
  • Jangan membeli di tempat yang terdapat banyak ikan mati di sekitar tempat pemeliharaan.
  • Tersedia fasilitas penyuplai kebutuhan oksigen.
  • Bila membeli arwana, harus disertai sertifikat.
  • Tempat membeli memang telah terpercaya.

Walaupun membandrol harga lebih mahal dari peternak/ penangkaran, toko ikan hias tetap kerap menjadi tempat favorit bagi para hobiis dalam membeli ikan hias. Biasanya, toko ikan hias terpusat di satu lokasi yang terdiri dari beberapa toko ikan hias, misalnya Pasar Ikan Sumenep di Jakarta. Dengan demikian, hobiis akan lebih leluasa dalam memilih tempat yang paling cocok. Untuk kenyamanan dalam membeli, ada baiknya memilih toko yang penjualnya kooperatif dan mau menjawab semua pertanyaan yang diajukan.

 

Sumber: Buku 200 Tips Merawat Ikan Hias Di Rumah

 

Baca Juga:  Mendag Kritik Masyarakat Indonesia yang Konsumsi Ikan Olahan Impor
loading...
loading...