Pentingnya Memberikan Pakan Lele Sesuai dengan Bukaan Mulut

Pertanianku — Pakan menjadi kebutuhan penting yang harus dipersiapkan setiap hari. Namun, pemberiannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak pertimbangan yang perlu Anda perhatikan agar pakan bisa bekerja dengan baik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran pakan. Pakan lele harus disesuaikan dengan umur dan bukaan mulut lele.

pakan lele
foto: Pertanianku

Ukuran pakan lele perlu diberikan secara bertahap berdasarkan dengan perkembangan bukaan mulut. Semakin besar ukuran ikan, akan semakin besar ukuran bukaan mulut sehingga pakan yang diberikan berdiameter lebih besar.

Melansir dari buku Belajar dari Kegagalan Bisnis Lele, Fajar, pembudidaya pembesaran lele di Cibinong, pernah memiliki pengalaman tentang bukaan mulut ikan lele. Fajar berusaha mencari pakan yang murah, tetapi ukuran pakan tersebut tidak sesuai dengan bukaan mulut lele.

Kala itu, Fajar membeli pakan tenggelam seharga Rp5.000/kg. Sementara itu, benih lele yang ditebar berukuran 7–8 cm, tetapi malah diberikan pakan yang seharusnya untuk benih berukuran minimal 12–13 cm.

Benih-benih lele tadi otomatis tidak dapat memakan pakan dan membuat pakan membusuk di dasar kolam. Pakan yang membusuk tersebut menyebabkan kualitas air menjadi jelek dan akhirnya ikan banyak yang mati. Kematian juga tidak diketahui awalnya. Setelah Fajar turun ke dalam kolam baru diketahui banyak ikan yang mati. Jumlah ikan yang bisa diselamatkan tidak sampai setengahnya.

Belajar dari pengalaman Fajar, pakan menjadi kunci penting bagi pembesaran lele, terutama jika dilihat dari ukuran lele. Misalnya, untuk ikan ukuran 7–8 cm, pada awalnya diberi pakan dengan ukuran diameter 2 mm. Setelah tiga minggu, biasanya ukuran pakannya diubah menjadi 3 mm. Pakan yang digunakan untuk pembesaran setidaknya mengandung protein sebesar 30 persen sehingga pertumbuhannya optimal.

Baca Juga:  Resep Bakso Ikan Tepung Rumput Laut

Masih banyak kiat dan tips budidaya lele yang disampaikan berdasarkan pengalaman pembudidaya. Anda bisa menyimaknya di buku Belajar dari Kegagalan Bisnis Lele. Buku tersebut bisa didapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.