Pentingnya Memeriksa Kesehatan Anjing Secara Berkala


Pertanianku – Anjing merupakan sahabat yang sangat baik dan relative lebih mudah dipelihara serta memberikan kesenangan bagi pemeliharanya. Oleh karena itu, memelihara anjing sebenarnya tidak terlalu merepotkan. Namun, jika akan berniat memelihara anjing, sebaiknya Anda adalah termasuk orang yang suka akan anjing (penyayang anjing) sehingga dalam memeliharanya bisa dilakukan dengan senang. Anda juga harus memiliki komitmen untuk meluangkan waktu merawatnya, mengajaknya jalan-jalan di taman dan bermain bersamanya. Anggaran dana juga perlu dipersiapkan sejak awal karena biaya pemeliharaan, termasuk pakannya, terbilang lumayan mahal.

VR1_6908

Sama seperti kebanyakan makhluk hidup lainnya, anjing juga bisa ada dalam kondisi tidak sehat atau sakit. Anjing yang sakit harus secepatnya diobati atau dibawa ke dokter hewan. Kesehatan anjing bisa tercermin dari kondisi bagian-bagian tubuhnya. Adapun bagian-bagian tubuh yang perlu diamati ketika akan memeriksa kondisi kesehatannya sebagai berikut.

  1. Mulut: apakah kemerahan, pembengkakan, warna gusi pucat, gigi yang tanggal/ goyang, luka-luka pada mulut, dan napas yang berbau.
  2. Mata: apakah ada kotoran mata yang berlebihan, kekeruhan pada warna mata, pembengkakan bola mata dan perdarahan pada mata.
  3. Hidung: apakah ada cairan berlebihan yang keluar dari lubang hidung, apakah warna cairan tersebut bening, keruh, atau kemerahan.
  4. Kulit: apakah ada parasit/kutu, warna kulit, serta ada tidaknya luka-luka dan kerak.
  5. Kaki: apakah ada luka-luka, abrasi pada telapak kaki, dan kuku yang patah.
  6. Anus: apakah warnanya kemerahan, pembengkakan, dan ada sisa kotoran.
  7. Vulva/penis: adanya pengeluaran sekresi/discharge abnormal.
  8. Glandula mammae dan testis: apakah ada luka dan pembengkakan.
Baca Juga:  Sarapan dengan Makanan Rendah Kalori, Apa Sajakah Itu?
loading...
loading...