Pentingnya Memperhitungkan Lingkungan Untuk Suara Cucakrawa Yang Berkualitas


Pertanianku – Salah satu hal yang harus diperhitungkan dalam memelihara atau merawat cucakrawa adalah faktor lingkungan. Lingkungan yang diharapkan memiliki cuaca yang cukup sejuk dan tidak banyak gangguan. Kesejukan yang ada akan membuat udara di sekitarnya menjadi segar dan nyaman. Hal tersebut dapat membuatnya tetap tenang dalan sangkarnya. Sebaliknya, lingkungan yang banyak menerima hawa panas terus menerus setiap hari, dampaknya akan sangat merugikan. Oleh karena hawa panas yang berlebihan, akan berpengaruh pada jaringan sel tubuh cucakrawa. Tepatnya, bisamerusak dan melemahkan fungsi sel. Begitu pula dengan adanya gangguan lingkungan, baik udara yang terlalu panas, binatang (kucing/tikus), asap dapur, dan bakaran sampah.

Perburuan Cucakrawa di Alam Bebas

Gangguan yang ada jika tidak dapat dikendalikan dapat membuat cucakrawa ketakutan dan stres. Kalau hal itu sampai terjadi, dampak yang ditimbulkan akan sangat merugikan. Oleh karena akan mempengaruhi fisik cucakrawa. Secara otomatis hal itu akan berpengaruh pada kemampuannya beraktivitas. Begitu pula dengan cepat lambatnya dalam menyuarakan suaranya kembali pada cucakrawa bakalan dan kualitas kicauan yang bisa dimiliki.

Kesimpulannya, cucakrawa tidak bisa dipelihara di sembarang lingkungan. Memaksakan di tempat yang kurang rnemenuhi persyaratan tidak akan bisa membuatnya berkicau dengankemampuan terbaiknya. Pada cucakrawa yang sudah cukup baik suaranya dan terlatih, lingkungan yang tidak baik akan berpengaruh buruk pada kualitas kicauannya. Lebih buruk lagi hal itu dapat membuat cucakrawa stres berat dan mati mendadak.

 

Sumber: Buku Agar Cucakrawa Rajin Berkicau

loading...
loading...