Pentingnya Mempersiapkan Sapronak bagi Ayam Broiler


Pertanianku – Salah satu langkah yang perlu dipersiapkan saat akan memulai beternak adalah mempersiapkan semua sapronak (sarana produksi peternakan) yang akan digunakan. Sapronak yang harus dipersiapkan meliputi DOC (bibit), pakan, obatobatan, bahan litter, bahan bakar pemanas, dan kelengkapan kandang. Dalam memilih sapronak, sebisa mungkin menggunakan sapronak yang paling unggul agar performance produksi yang diharapkan mudah dicapai sehingga keuntungan bisa maksimal.

Jenis Pakan untuk ayam Broiler

Sapronak yang harus sudah ada sebelum pemeliharaan adalah bahan litter, bahan bakar pemanas, dan kelengkapan kandang. Jika salah satunya belum siap, sebaiknya jadwal chick in diundur. Chick in DOC dan droping obat-obatan dijadwalkan setelah sapronak siap.

Pengiriman pakan dijadwalkan sesuai kebutuhan ayam. Usahakan jangan terlalu lama menyimpan pakan di gudang. Untuk menghindari kerusakan, pakan disimpan di gudang untuk digunakan dalam jangka waktu maksimal 8 hari. Dua hari sebelum pakan habis, stok pakan harus dikirim kembali untuk jangka waktu delapan hari ke depan.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam Broiler

 

loading...
loading...