Pentingnya Mempersiapkan Bibit Itik

Pertanianku – Pemilihan bibit DOD yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha ternak itik ratu. Namun demikian, produksi DOD itik ratu saat ini masih terbatas. Belum banyak pembibit itik yang serius mengembangkan itik ini. Pembibitan yang sudah ada tersebar di daerah Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara.

Ingin Bisnis Itik? Baca Artikel Ini!

Pada umumnya, DOD itik ratu lebih lincah dari DOD itik jenis lain. Meskipun demikian, saat memilihnya tetap perlu memperhatikan kondisi DOD sehat atau tidak. Selain cara memilih, hal lain yang perlu diperhatikan oleh peternak adalah penanganan saat DOD datang. Setelah menempuh perjalanan jauh, DOD akan mengalami stres. Oleh Kandang kombinasi ter tutup dan terbuka. Cocok untuk pemeliharaan itik petelur.

Loading...

Oleh karena itu, penanganannya harus tepat. Jika tidak tepat, akan berisiko kematian tinggi pada umur 1 minggu. Mengenai penanganan saat kedatangan DOD, akan dibahas pada bab berikutnya. Untuk lebih meyakinkan bahwa DOD yang diterima itu baik dan sehat, dapat dilihat dari beberapa ciri sebagai berikut.

  1. Tubuh tegap, gesit, dan lincah.
  2. Mata tampak jernih dan bersinar.
  3. Kaki kokoh dan warna bulu punggung cokelat.
  4. Fisik tidak cacat seperti buta, kaki bengkok, dan sayap terkulai.
  5. Bulu kering dan cerah.
  6. Nafsu makan tinggi.

 

 

Sumber: Buku Beternak Itik Hibrida Unggul

 

 

Baca Juga:  Green Concentrate, Pakan Ternak Ruminansia yang Terbuat dari Indigofera zollingeriana
Loading...
Loading...