Pentingnya Menggunakan Benih Nila yang Sehat

Pertanianku – Daya tahan tubuh mulai terlihat pada awal pemeliharaan atau sesaat setelah penebaran. Ikan sehat akan mampu menyesuaikan diri dengan cepat, bahkan walaupun kondisi perairan berbeda dengan lingkungan pemeliharaan sebelumnya, terutama bila dilihat dari sifat fisika, kimia, dan biologi. Ikan sehat langsung bergerak lincah, tak ada tanda-tanda stres sedikit pun. Jika diberi pakan, ikan akan langsung makan. Tentu saja hal ini tidak akan ditemui pada ikan yang sakit.

Seleksi ukuran Nila

Kondisi perairan akan mengalami perubahan, terutama pengaruh lingkungan. Kualitas air akan semakin memburuk seiring pertumbuhan ikan. Hal itu karena ikan makan dan membuang sisa metabolisme pada media dan wadah yang sama. Ikan yang sehat akan mampu bertahan hidup dan dapat terhindar dari berbagai pengaruh buruk lingkungannya.

Loading...

Ciri-ciri lain dari ikan sehat adalah memiliki nafsu makan yang tinggi. Nafsu makan yang tinggi dapat membuat ikan tumbuh lebih cepat. Keadaan tersebut yang diharapkan oleh setiap pembudi daya agar dapat meraih keuntungan berlipat Itulah beberapa ciri dan kelebihan ikan sehat. Namun, hanya dengan mengetahuinya saja tidaklah cukup tanpa mengerti tanda-tandanya. Justru “mengerti” inilah yang paling penting. Ikan sehat dapat diketahui dari bagian tubuh dan tingkah lakunya. Tanda-tanda tersebut di antaranya tubuh tidak luka, warna tubuh mengilap atau tidak pucat, memiliki gerakan yang lincah, selalu menentang arus air, dan tidak menggantung di permukaan air.

 

Sumber: Buku 6 Jurus Sukses Pacu Pertumbuhan Nila Panen 60 kg per m

 

Baca Juga:  Olahan Daging Ikan Lele yang Berpotensi Menghasilkan Cuan
Loading...
Loading...