Pentingnya Menggunakan Pleci Dewasa Untuk Kontes


Pertanianku – Umur pada burung jenis kecil seperti kacamata akan mempengaruhi kualitas suara, mental, dan penampilannya. Untuk dijadikan burung kontes, tentunya harus memilih yang sudah cukup dewasa. Berikut adalah alasan utama memilih dan memprioritaskan kacamata alias pleci yang sudah benar-benar dewasa.

Menyiapkan Pleci ke Kontes

– Secara fisik daya tahan tubuhnya lebih kuat.

– Suaranya keras dan lantang.

– Diharapkan rajin berkicau dalam waktu relatif singkat.

– Mentalnya lebih baik dari yang muda.

– Variasi suaranya cukup banyak.

Anjuran tersebut mengacu pada hukum alam. Kedewasaan burungakan mempengaruhi nalurinya sebagai penghuni alam liar, yaitu tidak  ingin kalah bersaing dengan yang muda, sekali pun di habitatnya tidak mengenal batas teritorial dalam mencari makanan. Namun, dalam satukoloni pasti ada yang dituakan atau pemimpin kelompok. Artinya, yang dewasa lebih besar kemungkinannya menjadi pemimpin dibandingkan dengan yang muda.

Membedakan kacamata muda atau sudah tua memang tidak mudah, tetapi bukan tidak bisa. Pada jenis burung berkicau, burung dikatakan muda jika umurnya masih di bawah enam bulan. Masa matang kelamin saat memasuki umur delapan bulan. Dikatakan cukup dewasa kalau umurnya sudah lebih dari satu tahun. Ada beberapa ciri fisik yang dapat diperhatikan jika akan membedakan pleci muda dan pleci dewasa. Tentunya ciri tersebut ditujukan pada pleci dalam satu ras/anak jenis dan kelamin yang sama.

Dari pengalaman para pleci mania dan pengamatan di lapangan, dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk dijadikan burung kontes memang harus dipilih kacamata yang sudah cukup tua dan kriterianya cukup baik. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat proses pembentukan burung menjadi burung kontes. Begitu dibawa ke lapangan atau dikonteskan, harapannya dapat bersaing dan mengungguli lawanlawannya.

 

Sumber: Buku Burung Pleci

 

loading...
loading...