Pentingnya Menjaga Sanitasi dan Higienitas dari Produk Olahan Ikan

Pertanianku — Produk olahan ikan merupakan inovasi yang dapat membuat harga jual komoditas perikanan menjadi lebih tinggi. Selain itu, dengan mengolahnya menjadi produk makanan, daging ikan dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan dijual dalam bentuk mentah.

olahan ikan
foto: pertanianku

Produk olahan bernilai lebih tinggi daripada ikan mentah karena adanya proses pengolahan daging ikan menjadi produk makanan. Produk tersebut menjadi lebih mudah dikonsumsi karena konsumen tidak perlu repot-repot untuk mengolah ikan terlebih dahulu.

Produk olahan ikan yang berkualitas baik pasti memiliki standar dan higienitas tempat pengolahan. Sanitasi merupakan pengendalian yang terencana terhadap lingkungan produksi, peralatan, serta pekerja. Penerapan standar sanitasi bertujuan untuk mencegah produk dari pencemaran yang merugikan serta menghindari kesan negatif konsumen.

Loading...

Pencemaran bisa berasal dari setiap proses produksi serta sumber air yang digunakan. Oleh karena itu, seluruh peralatan serta sumber air yang digunakan harus dipastikan terbebas dari bakteri berbahaya.

Dalam pembuatan produk, Anda membutuhkan sumber air yang bersih untuk menjamin keamanan mutu produk yang dihasilkan. Selain itu, Anda juga tidak boleh abai dengan fasilitas pembuangan limbah. Lokasi pembungan limbah harus jauh dari ruang produksi, tandon air bersih, dan kantor. Hal ini untuk mencegah kontaminasi pada produk yang dihasilkan.

Limbah pengolahan ikan sebaiknya ditangani dengan baik agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Limbah pengolahan ikan biasanya masih bisa dibuat menjadi beberapa macam produk.

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah higiene yang menjamin keamanan dan mutu pangan. Higiene sendiri merupakan suatu upaya untuk melindungi, memelihara dan memerhatikan, serta meningkatkan kesehatan manusia sehingga tidak terganggu setelah mengonsumsi produk makanan tersebut.

Kualitas dan keamanan dari produk makanan yang dihasilkan merupakan tanggung jawab rumah produksi Anda. Jadi, sangat penting untuk menjaga higienitas dari produk olahan ikan yang akan dijual karena Anda bertanggung jawab atas apa yang dijual kepada konsumen.

Baca Juga:  Penyebab Kematian pada Benih Lele yang Wajib Diantisipasi

Selain itu, sanitasi yang baik serta produk yang higienis juga bisa menjadi daya tarik untuk menarik perhatian konsumen. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19, banyak konsumen yang lebih nyaman untuk membeli produk makanan yang lebih terjaga higienitasnya.

 

 

Loading...
Loading...