Pentingnya Menjaga Sanitasi Kandang Kucing


Pertanianku – Kandang kucing sama seperti rumah bagi manusia. Jika kebersihannya tidak dijaga, penyakit pun akan mudah datang dan menyerang. Membersihkan kandang sangatlah penting demi keselamatan kucing dan pemiliknya.

MENJAGA SANITASI KANDANG KUCING

Sanitasi kandang harus dijaga dengan baik agar terhindar virusvirus yang mematikan terhadap kucing. Meskipun virus tersebut tidak sepenuhnya berbahaya bagi manusia, tetapi sebaiknya menghindari segala kemungkinan yang terjadi. Kegiatan menjaga sanitasi akan efektif jika dilakukan secara rutin. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga sanitasi kandang.

  1. Pindahkan kucing untuk sementara ke tempat lain agar proses pembersihannya menyeluruh.
  2. Periksalah apakah lantai kandang dan seisinya dalam keadaan bersih. Jika tidak, segera bersihkan kotoran yang menempel di dinding atau lantai kandang.
  3. Siapkan air bersih, kain, dan bahan pembersih yang mengandung desinfektan untuk disemprotkan.
  4. Mulailah menyemprotkan pembersih dari bagian atas kandang, sisi-sisinya bagian dalam dan luar, lalu lanjutkan dengan membersihkan lantainya.
  5. Gosok dinding dan lantai kandang dengan kain yang telah disiapkan. Jika ada kotoran yang membandel, gosok hingga bersih menggunakan sikat yang biasa untuk lantai.
  6. Cuci tempat makan dan minumnya jika menggunakan mangkuk (bowl).
  7. Periksalah kandang setiap hendak memberi makan dan minum. Jangan biarkan kotoran terlalu lama menempel di kandang yang dapat menyebabkan sanitasi tidak baik.
  8. Cuci dan bersihkan litter tray secara rutin setiap hari. Hal ini karena litter tray merupakan tempat bersarangnya bakteri serta virus penyebab penyakit yang paling banyak. Rendamlah tempat tersebut sekitar 30 menit dengan desinfektan agar bersih benarbenar bersih.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Kucing

loading...
loading...