Pentingnya Merawat Kacang Panjang Agar Tumbuh Optimal

Pertanianku – Agar tumbuh optimal, perlu dilakukan perawatan terhadap tanaman kacang panjang. Kegiatan tersebut meliputi pemupukan dan pemasangan ajir (lanjaran).

Rawat Agar Kacang Panjang Tumbuh Optimal

  1. Pemupukan

Kesuburan tanah memegang peranan penting dalam pertumbuhan tanaman kacang panjang. Untuk meningkatkan kesuburan tanah, perlu dilakukan pemupukan N, P, dan K. Dosis yang dipakai per tanaman adalah 4,4 g urea; 4,4 g TSP; dan 2,2 g KCl (untuk populasi 45.000 tanaman/ha). Dengan kata lain, kebutuhan pupuk  seluruhnya adalah 200 kg urea + 20 kg TSP + 100 kg KCl per hektar.

Loading...
  1. Pemasangan ajir (lanjaran)

Ajir atau lanjaran dibuat dari belahan bambu atau kayu yang tidak mudah lapuk. Ajir digunakan untuk menopang/menegakkan tanaman kacang panjang. Oleh karena itu, ajir harus dipasang di dekat tanaman. Agar lebih kuat, ujung ajir dari empat tanaman yang berdekatan diikat menjadi satu membentuk piramida sehingga tidak mudah roboh bila ditiup angin. Ajir dipasang setelah tanaman tumbuh setinggi 0,5 m.

Biasanya tanaman akan membelit ajir secara otomatis. Bila tidak terjadi maka harus dibantu dengan tangan untuk mengarahkan ke kiri (berlawanan dengan arah jarum jam). Di samping itu, pemasangan ajir sebaiknya dilakukan setelah pemberian pupuk N, P, dan K susulan yang kedua kalinya.

 

 

Sumber: Buku Kacang Sayur

 

Baca Juga:  Cara Mengatasi Pertumbuhan Tanaman Jagung yang Tidak Seragam
Loading...
Loading...