Pentingnya Merawat Kuku Kambing

Pertanianku – Kambing yang dipelihara di dalam kandang jarang sekali berjalanjalan sampai jauh sehingga kukunya tak pernah terasah oleh batubatuan dan tanah yang keras. Akibatnya, kuku akan tumbuh lebih panjang dan lebih cepat daripada ausnya kuku itu sendiri. Kambing yang digembalakan kukunya tidak akan tumbuh terlalu panjang karena lebih sering berjalan jauh terutama jika berjalan di atas tanah yang keras dan berbatu.

Merawat Kuku Kambing

Kuku kaki yang tumbuh panjang dapat menghambat kegiatan sehari-hari seperti naik turun kandang, berjalan untuk mencari pakan dan minum, dan berdiri dengan baik sewaktu melakukan perkawinan. Kuku kaki yang terlalu panjang dapat menyebabkan kambing susah berjalan dan mudah cedera. Bahkan, pada saat berjalan, posisi jalannya akan timpang. Kalau yang jatuh itu kambing yang sedang bunting, bisa mengakibatkan keguguran.

Loading...

Pemeriksaan kuku kambing sebaiknya dilakukan tiga bulan sekali. Jika pertumbuhan kuku terlalu panjang, sebaiknya dipotong dengan menggunakan pisau kacip, yaitu pisau khusus untuk memotong kuku kambing. Pemotongan kuku dilakukan dengan hati-hati dan sedikit demi sedikit hingga rata dan berbentuk normal seperti semula atau seperti bentuk kuku kambing yang normal.

 

Sumber: Buku beternak kambing Unggul

 

Baca Juga:  Susu yang Bagus untuk Cempe Kambing
Loading...
Loading...