Pentingnya Nutrisi Dalam Pakan Pleci


Pertanianku – Pakan yang diberikan untuk si pemilik bulu kuning ini harus diperhatikan nutrisinya. Sekilas, memelihara pleci untuk sekadar membuatnya bertahan hidup cukup mudah. Namun, terkadang nutrisi dikesampingkan oleh para pemelihara. Padahal, untuk membuatnya bertahan lebih lama, kecukupan nutrisi harus terpenuhi. Selain itu, pakan yang cukup nutrisi akan membuat pleci tampil prima ketika dikonteskan.

Kebiasaan Hidup dan Pakan Alami Burung Pleci

Kualitas pakan juga harus menjadi perhatian. Untuk pakan buatan, waktu kadaluarsanya harus diperhatikan. Lain halnya untuk pakan yang berupa buah-buahan. Pakan tersebut harus diberikan dalam kondisi yang baik dan segar. Untuk pakan berupa kroto, sebaiknya diberikan masih dalam kondisi hidup, segar, dan tidak berbau. Hal lain yang paling penting dilakukan adalah membuang pakan yang tercecer di dasar sangkar. Jika dibiarkan, akan berpengaruh buruk pada kesehatan si kacamata jika sampai termakan.

Pakan yang diberikan harus menjamin kecukupan nutrisi dan zat-zat yang dibutuhkan oleh si kacamata. Nutrisi dalam pakan harus seimbang antara protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisinya akan membuat kondisi pleci tetap prima, sehat, serta akan mendukung aktivitasnya. Apalagi jika pleci sudah masuk kategori burung kontes, performanya pada saat ditempurkan akan tetap stabil dan prima.

 

Sumber: Buku Burung Pleci

loading...
loading...