Pentingnya Pakan Alami Lele

Pertanianku – Pada pembenihan lele, pakan alami tidak tergantikan oleh pakan apapun. Bahkan, pelet sekalipun tidak mampu menggantikan 100% peran pakan alami.

Pakan Alami Lele Harus Tersedia

Muhamad Risal, pembudidaya pemula di Bogor pernah mengalami kekurangan suplai cacing sutera. Akibatnya, jumlah benih yang dipanen tidak sesuai harapan. Awalnya, larva yang sudah berumur empat hari terpaksa diberi pakan pelet tepung karena pemasok cacing yang selama ini menyuplai kepadanya sedang tidak memproduksi. Ia pun harus menyeduh pelet tepung di air hangat, kemudian dibuat seperti adonan.

Pakan tersebut ditempel di beberapa sudut dan di tengah kolam. Menurutnya, larva dapat memakannya, tetapi pertumbuhannya lambat. Bahkan, tidak sedikit larva yang mati karena kondisi air yang kualitasnya menurun akibat pakan yang tidak termakan. Setelah pemeliharaan sekitar 15 hari sejak menetas, benih yang dipanen hanya sepertiga dari perkiraan sebelumnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Rizal pun semakin memahami bahwa larva atau benih lele mutlak membutuhkan pakan alami seperti cacing sutera. Selain cacing, sebenarnya bisa menggunakan kutu air atau artemia. Saat ini, di pasaran sudah tersedia kutu air beku sehingga lebih memudahkan peternak. Larva yang masih kecil dengan sistem pencernaan yang belum maksimal membutuhkan pakan yang bisa menyesuaikan dengan kondisinya. Itulah sebabnya, pakan alami dibutuhkan oleh larva untuk tumbuh dan berkembang lebih baik dan lebih cepat. Pakan alami seolah menjadi pakan ‘wajib’ bagi larva, terutama setelah lepas kuning telur (hari ke-4). Pakan alami tersebut diberikan hingga benih berumur minimal 12 hari, tetapi lebih baik hingga umur 14—15 hari. Setelah itu, sudah bisa diberi pakan buatan berupa pelet tepung. Meskipun demikian, benih masih bisa diberi pakan alami yang dikombinasikan dengan pelet tepung hingga benih berumur 20 hari. Pak Jamal, pembenih di Cibinong-Bogor menyatakan bahwa pemberian pakan alami seperti cacing sutera mempercepat pertumbuhan benih. Pengalamannya selama ini menunjukkan benih yang diberi pakan berupa cacing sutera setiap hari memiliki pertumbuhan lebih cepat sekitar satu minggu dibandingkan dengan hanya diberi pakan pelet tepung.

Baca Juga:  Jaga Kecantikan Kulit dengan Makan Ikan

 

Sumber: Buku Belajar Dari Kegagalan Bisnis Lele


loading...