Pentingnya Pemangkasan pada Tanaman Tomat

Pertanianku Tanaman tomat termasuk tanaman sayur yang sering dipilih oleh ibu-ibu untuk ditanam di pekarangan. Namun, banyak dari mereka yang kerap mengalami kegagalan ketika membudidayakannya sendiri di pekarangan rumah. Kegagalan tersebut terjadi karena tanaman tidak kunjung menghasilkan buah serta terkena serangan hama dan penyakit. Salah satu perawatan tanaman tomat yang kerap dilupakan adalah pemangkasan.

tanaman tomat
foto: Pixabay

Seringkali tanaman sudah dipupuk dan disiram dengan benar, tetapi tanaman tetap tidak bisa menghasilkan buah. Selain itu, tanaman lebih rentan diserang oleh hama dan penyakit. Kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh lupa melakukan pemangkasan.

Pemangkasan memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaga sosok tanaman agar tetap terlihat indah dan mudah dirawat hingga melindungi tanaman dari gangguan hama dan penyakit. Pemangkasan tanaman tomat umumnya dilakukan pada batang, tunas muda, serta bunga dan buah.

Pemangkasan tunas muda

Tunas berlebih yang muncul harus dikurangi dengan cara dipotong sehingga hanya menyisakan batang daun utamanya. Pemangkasan cukup dilakukan dengan menggunakan tangan karena batang tomat termasuk lunak. Saat memangkas, pastikan tangan Anda bersih untuk mencegah penularan penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus. Pasalnya, luka bekas pemangkasan sangat rentan terkena serangan penyakit atau hama.

Pemangkasan batang

Tujuan pemangkasan batang ini adalah untuk mempercepat proses pemasakan buah. Namun, jika ada tunas yang tumbuh kuat pada batang di sekitar tandan buah yang kelima, batang tidak perlu dipangkas.

Pertumbuhan tomat yang subur biasanya mempunyai 2–3 tunas cabang pada setiap batangnya. Tunas cabang ini akan berkembang menjadi batang utama baru. Dengan demikian, cabang utama yang berlebih ini harus dikurangi.

Pemangkasan bunga dan buah

Bunga dan buah yang tumbuh terlalu lebat juga perlu dipangkas. Kegiatan pemangkasan ini sering disebut dengan penjarangan buah. Jumlah bakal buah yang ideal hanya sekitar 6–8 buah. Oleh karena itu, lebatnya buah tidak selalu menjadi pertanda yang baik. Penjarangan buah berfungsi untuk menjaga kualitas buah yang sehat. Namun, pemangkasan tidak perlu dilakukan bila buah tomat yang diinginkan memiliki ukuran beraneka ragam.

Baca Juga:  Teknologi Adaptasi dan Mitigasi untuk Menghadapi Perubahan Iklim