Pentingnya Pemasaran dalam Peternakan Ayam Kampung


Pertanianku – Anda tentu berharap peternakan ayam Anda berjalan sesuai harapan Anda. Untuk mencapai itu semua dibutuhkan Jadwal pekerjaan yang teratur, pencatatan berbagai kegiatan produksi dan penjualan yang lengkap dan jelas. Jika peternakan berjalan dengan seharusnya, tentunya Anda membutuhkan tempat untuk menjual hasil produksi dari peternakan Anda.

Ayam kampung

Hal pertama yang harus diketahui sebelum membuka usaha yaitu ke mana kita akan memasarkan hasil produksinya? Apakah ke pasar tradisional, pasar swalayan, atau pasar khusus (restoran, hotel)? Siapa yang berada di jalur pemasaran tersebut? Hal ini perlu diketahui agar produk dari peternakan Anda ada yang menampung. Dengan mengetahui panjang atau pendeknya jalur pemasaran (adanya pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pedagang pengecer) dapat diperkirakan biaya yang diperlukan dalam pemasaran tersebut. Semakin panjang jalurnya otomatis semakin besar biaya pemasarannya. Dengan demikian, harga jual di peternak dapat semakin kecil. Oleh karena itu, kemampuan peternak dalam memasarkan hasilnya juga mempengaruhi keuntungan yang diperoleh.

Untuk itulah pemasaran dari hasil produksi peternakan Anda juga sebaiknya dipikirkan baik-baik saat Anda mulai memutuskan untuk menggeluti dunia peternakan ayam.

Baca Juga:  Hati-hati, Jeroan Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol, Ini Buktinya!
loading...
loading...