Pentingnya Pembersihan dan Penyucihamaan Kandang Broiler


Pertanianku – Pencucian dan penyucihamaan (desinfeksi)kandang berfungsi menghilangkan atau menetralkan organisme penyakit. Jika bekas  pemeliharaan sebelumnya, tindakan awal yang harus dilakukan adalah membersihkan kotoran, baik dalam kandang maupun lingkungan sekitar kandang. Caranya dengan mengeluarkan semua kotoran dan menjauhkannya dari lingkungan kandang.

Tipe Kandang Ayam Broiler

Kegiatan penyucihamaan dapat dilakukan dengan desinfektan atau antiseptik, seperti detergen, kapur, formalin, iodin, dan pestisida. Desinfektan berfungsi membunuh bibit penyakit, baik bakteri maupun virus. Adapun pestisida berfungsi membunuh insektisida pembawa (carrier) bibit penyakit.

Penyemprotan dengan desinfektan maupun pestisida dapat dilakukan lebih dari satu kali, tergantung keadaan dan tingkat keganasan penyakit di periode sebelumnya. Peralatan juga harus dibersihkan dan disucihamakan. Setelah dikeluarkan dari kandang, cuci bersih peralatan dengan detergen dan rendam dalam air desinfektan. Selanjutnya, angkat peralatan dan biarkan kering. Setelah kering, simpan peralatan di gudang. Peralatan kandang dapat pula difumigasi. Untuk mencuci tempat penampungan air minum dan membersihkan instalasi air minum, dapat menggunakan desinfektan.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam Broiler

 

Baca Juga:  Yuk, Ketahui 5 Tanda Utama Itik akan Bertelur