Pentingnya Pembersihan Sapi dan Kandangnya


Pertanianku – Sapi juga perlu mandi. Jika suplai air cukup banyak, sebaiknya sapi dimandikan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Namun, apabila air tidak begitu tersedia, sapi cukup dimandikan satu kali sehari pada pagi hari sebelum pemberian pakan.

Sapi kupang_depok_091110 (10)

Sapi sangat perlu dimandikan pada pagi hari karena pada malam hari biasanya tubuhnya telah dipenuhi dengan kotoran yang menempel di tubuhnya. Sapi yang selalu bersih akan terhindar dari berbagai penyakit dan nafsu makannya meningkat.

Kebersihan sapi juga harus diikuti dengan kebersihan kandang. Frekuensi pemberian pakan, terutama hijauan, pada penggemukan sapi relatif tinggi sehingga kotorannya juga cukup banyak. Untuk menjaga kebersihan kandang, kotoran sapi harus selalu dibuang pada termpat yang telah disediakan. Genangan-genangan air dalam kandang harus dikeringkan dan diupayakan tidak ada lalat atau serangga lainnya yang dapat mengganggu kesehatan sapi di dalam kandang Vaksinasi terhadap sapi-sapi yang digemukkan juga perlu dilakukan, terutama terhadap penyakit yang menular. Untuk itu, mintalah petunjuk dan bantuan dari dinas peternakan setempat.

 

Sumber: Buku Bisnis Penggemukan Sapi

Baca Juga:  5 Cara Ampuh agar Bebek Bertelur Setiap Hari