Pentingnya Pengemasan Hasil Panen Telur Ayam Kampung


Pertanianku – Pengemasan telur yang baik mempunyai banyak kegunaan. Kegunaan yang paling penting adalah untuk mengurangi kerusakan selama pengangkutan dan penjualan. Dengan pengemasan yang baik telur bisa tampil lebih memikat. Selain itu, kemasan juga berperan untuk memudahkan konsumen dalam membawanya.

Pentingnya Pengemasan Hasil Panen Telur Ayam Kampung

Penggunaan kemasan berbeda-beda berdasarkan kebutuhan dan tujuan pemasaran. Untuk tujuan pasar lokal yang diperlukan berupa kemasan utuk pengangkutan yang cukup sederhana. Sementara untuk keperluan pasar swalayan atau ekspor, selain kemasan pengangkutan, juga diperlukan kemasan konsumen.

Kemasan pengangkutan untuk tujuan lokal biasanya dibuat sederhana, berupa peti kayu yang dilapisi jerami. Namun, cara ini sebenarnya kurang baik karena persentase kerusakan (telur pecah) cukup besar. Pada pengemasan yang baik, biasanya antarlapisan telur diberi alas yang dibuat khusus untuk meletakkan telur. Ada juga yang menggunakan kemasan konsumen sebelum dimasukkan ke dalam kemasan pengangkutan.

Cara pengemasan yang sederhana yaitu dengan menggunakan kotak papan yang didasari jerami. Jerami diletakkan pada dasar kotak, setiap lapisan peletakan telur, dan pada penutupnya. Kapasitas setiap kotaknya sebaiknya dibatasi paling banyak 500 butir.

Baca Juga:  Tips Agar Panen Ayam Buras Lebih Sukses