Pentingnya Perencanaan Dalam Beternak Ayam Kampung


Pertanianku – Rencana merupakan kegiatan yang belum dilakukan, baru dirancang. Pada saat merencanakan, kegiatannya sendiri belum ada. Lalu buat apa kita berangan-angan mau melakukan sesuatu? Apa gunanya dan bagaimana suatu rencana dapat menopang kesuksesan beternak? Berikut dijabarkan beberapa point pentingnya rencana dalam usaha peternakan ayam kampung.

ayam kampung 2

  1. Rencana merupakan aktivitas yang belum terjadi yang disusun untuk memudahkan jalannya pekerjaan dan untuk melacak di mana ada penyimpangan, kesalahan, atau perubahan situasi akibat sesuatu hal.
  2. Rencana akan berguna bila dibuat dengan ketentuan yang ada, seperti informasi atau keterangan lengkap dan jelas, dibuat secara kuantitatif, sesuai situasi dan kebutuhan.
  3. Rencana jangka panjang akan berguna untuk mengendalikan jalannya (gagal atau berhasilnya) usaha peternakan.
  4. Rencana jangka menengah berguna untuk memutuskan apakah perlu pengembangan usaha atau pengembangan fasilitas fisik, atau malah diperkecil.
  5. Rencana jangka pendek berguna untuk menata kegiatan harian (rutin) dan mengetahui sedini mungkin bila ada kesalahan operasional peternakan.
  6. Rencana produksi berguna untuk menata kerja dan mengendalikan serta mengawasi kegiatan rutin produksi.
  7. Rencana keuangan dan administrasi akan bermanfaat bila pengelolaan peternakan Anda tampak ruwet dan acak-acakan, misalnya ada pemborosan dan korupsi.
  8. Rencana pemasaran berguna untuk mengetahui dan menata pemasaran dan pasar, misalnya adanya perubahan selera konsumen atau ada pesaing baru.
Baca Juga:  Masuki Ramadan, Permintaan Daging Sapi Impor Meningkat Drastis
loading...
loading...