Pentingnya Tanaman Pelindung bagi Pohon Kopi

Pertanianku— Kopi termasuk salah satu tanaman yang membutuhkan tanaman pelindung agar bisa tumbuh dengan baik. Namun, apakah keberadaan tanaman pelindung pohon kopi menjadi kebutuhan yang mutlak harus disediakan oleh petani? Jawabannya adalah iya.

tanaman pelindung pohon kopi
foto: Pertanianku

Pada dasarnya fungsi tanaman pelindung bagi kopi ada banyak, di antaranya mengatur intensitas penyinaran yang dibutuhkan oleh tanaman kopi, mengurangi penguapan sehingga humus tidak gampang menghilang, dan mengurangi risiko erosi pada lahan perkebunan yang miring.

Fungsi lain yang tidak kalah penting ialah menghindari embun upas yang sering terjadi di daerah-daerah tinggi, sebagai sumber bahan organik yang dapat memperbaiki struktur tanah, dan menghambat pertumbuhan gulma.

Kopi sangat membutuhkan tanaman pelidnung untuk menahan laju intensitas curah hujan yang terlalu tinggi karena cukup berbahaya bagi tanaman kopi. Tanaman pelindung tersebut juga dapat melindungi kopi dari intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi secara langsung. Penyinaran matahari yang terjadi secara langsung dapat menyebabkan cabang-cabang tanaman merempes.

Namun, manfaat tanaman pelindung tidak hanya sebatas melindungi. Kehadiran tanaman pelindung kopi juga dapat berperan untuk memengaruhi pembentukan biji kopi.

Tanaman yang tidak mendapatkan pelindung dapat mengalami persaingan asimilasi yang cukup tinggi sehingga menyebabkan pertumbuhan buah kopi menjadi tidak maksimal. Kondisi tersebut dapat menyebabkan biji kopi yang dihasilkan akan lebih kecil dibandingkan biji yang berasal dari pohon dengan tanaman pelindung.

Pertumbuhan kopi tanpa tanaman pelindung akan terjadi sangat lambat, daunnya berwarna kekuningan, tanaman cenderung lebih kerdil, dan produksi tanaman lebih rendah karena ukuran cabang produksi menjadi lebih pendek.

Penggunaan tanaman pelindung juga tidak bisa dilakukan sembarangan sampai terlalu lebat. Tanaman pelindung yang terlalu lebat dapat menyebabkan pertumbuhan kopi menjadi kurang baik yang ditandai dengan daun berwarna hijau gelap, melebar, lebih tipis, dan jumlah daunnya lebih sedikit.

Baca Juga:  Tips Jitu Mengatasi Hama Bayam yang Meresahkan

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan tanaman pelindung yang tepat, misalnya pohon lamtoro, jeruk, avokad, dan jeruk. Tanaman pelindung sudah ditanam 12 bulan sebelum bibit kopi ditanam agar bisa berfungsi sebagai pelindung.

 


loading...