Pentingnya Vaksinasi Pada Anjing

0

Pertanianku – Vaksinasi merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakitpenyakit strategis pada hewan kesayangan, terutama anjing. Tindakan vaksinasi relatif efektif dalam menurunkan insidens penyakit tertentu pada anjing, Namun hal tersebut tetap perlu didukung oleh cara pemeliharaan yang baik. Pada usia 2 bulan anjing dapat mulai menerima vaksinasi. Vaksinasi hanya dapat diberikan pada hewan yang sehat. Terdapat beberapa tahapan vaksinasi sebelum anjing dapat menerima vaksinasi lengkap yang diulang setiap satu tahun.

Komunikasi Anjing dan Manusia

Setelah vaksinasi diberikan maka titerantibodi baru akan tercapai maksimal setelah 14 hari. Oleh karenanya anjing yang  baru menerima vaksinasi harus benar-benar diperhatikan pemerliharannya. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan berhubungan dengan vaksinasi sebagai berikut.

  1. Anjing yang baru dibeli sebaiknya tidak langsung di vaksin dan diadaptasikan di rumah selama 1 minggu.
  2. Setelah vaksinasi diberikan, anjing sebaiknya tidak langsung dipindahkanke lingkungan baru atau menempuh perjalanan yang jauh.
  3. Anjing tidak dimandikan setelah diberikan vaksinasi. Untuk anak an anjing sebelum vaksinasinya lengkap sebaiknya tidak dimandikan dulu. Sementara dapat menggunakan dry shampoo yang dijual di petshop.
  4. Sedapat mungkin kontak dengan anjing yang belum jelas status kesehatannya dicegah setelah vaksinasi, terutama 2 minggu pertama setelah vaksinasi.
  5. Anjing sebaiknya ditempatkan pada lingkungan yang terhindar dari cuaca dingin/hujan.

Terdapat 6 penyakit strategis yang dapat dicegah dengan vaksinasi, yaitu distemper, parvo virus, leptospirosis, infectious canine hepatitis, kennel cough, dan rabies. Dua di antara penyakit tersebut yaitu leptospirosis dan rabies bersifat zoonosis/menular kepada manusia.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

 

loading...
loading...