Penuhi Standardisasi Pengolahan Lele


Pertanianku – Untuk menghasilkan produk yang bermutu, tentu diperlukan teknik pengolahan yang juga bermutu. Adanya pedoman atau acuan selama proses produksi akan menunjang mutu produk yang dihasilkan. Penyediaan bahan baku yang higienis dan aman untuk dikonsumsi menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi agar bisa diterima oleh konsumen.

Bisnis Olahan Lele Semakin Marak

Pengelolaan produksi menjadi kegiatan yang sangat penting dalambisnis olahan karena berhubungan dengan kualitas produk yang dihasilkan. “Sukses mengelola produksi dimulai dari seleksi bahan baku, proses produksi, penyimpanan, hingga cara-cara pemakaian yang tepat. Jika salah satu bagian tidak dilakukan dengan baik, semua bagian menjadi tidak berguna”, ujar Bambang Suharno, motivator agribisnis pertanian.

Mengelola sistem produksi diawali dengan bagaimana cara kita mendapatkan bahan baku yang berkualitas. Misalnya, untuk membuat olahan lele maka bahan baku yang diperlukan adalah ikan lele yang segar. Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar proses produksi bisa berjalan dengan baik. Proses produksi tentunya membutuhkan standar produksi, baik untuk produk yang dihasilkan maupun karyawan. Aspek kebersihan, sanitasi, dan higienis tentu menjadi hal yang harus diperhatikan. Misalnya, jika warung pecel lele mampu menjaga kebersihan dan sanitasi tempat maupun cara pembuatan makanan olahannya, konsumen pun akan merasa nyaman dan aman untuk berkunjung serta menikmati hidangan khas pecel lele tersebut. Dan akhirnya, konsumen pun akan semakin bertambah.

Selain aspek kebersihan, pelayanan yang diberikan dari pihak pengelola pecel lele juga menentukan. Warung pecel lele yang menyajikan rasa atau resep masakan yang berbeda dari biasanya akan menarik minat konsumen untuk mencobanya. Jika rasanya sesuai dengan minat konsumen, tentunya konsumen pun akan datang kembali. Ditambah lagi jika pihak pengelola warung pecel lele mampu memberikan pelayanan yang baik, misalnya dengan memakai seragam yang rapi, ramah saat konsumen datang, penyajian makanan lebih cepat, hingga tempat parkir yang luas. Pelayanan seperti ini dapat ditemui jika berkunjung di salah satu warung lele yang cukup terkenal.

Baca Juga:  Sumsel Jadi Juara Nasional Kuliner Berbahan Dasar Ikan

Setiap konsumen yang datang diberikan sapaan hangat. Selain tempatnya yang memang bersih, ditambah pelayanan yang diberikan cukup memuaskan, tidak heran jika konsumen kembali untuk mencoba resep masakannya.

 

Sumber: Buku Belajar Dari Kegagalan Bisnis Lele