Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Kekurangan Nutrisi

Pertanianku — Pakan ayam yang diberikan harus Anda perhatikan dengan benar, baik dari kuantitas maupun kualitas. Jangan sampai pakan yang diberikan tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian ayam sehingga ayam mengalami gangguan penyakit. Penyakit ayam yang kekurangan nutrisi bisa berakibat buruk pada diri ayam, mulai dari penurunan produktivitas hingga kematian.

penyakit ayam
foto: pixabay

Pengobatan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi harus diatasi sesuai dengan gejala yang muncul. Pengobatan bisa diberikan melalui pakan yang seimbang sesuai dengan standar nilai gizi ayam. Oleh karena itu, bahan yang digunakan dalam ransum harus disesuaikan dengan kebutuhan ayam.

Berikut ini beberapa tanda yang menggambarkan kondisi ayam yang kekurangan gizi tertentu.

Penyakit tulang

Ayam yang mengidap penyakit tulang (rakhitis) bisa disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin D, kalsium, dan fosfor.

Pertumbuhannya lambat

Anda harus mewaspadai ketika ayam ternak memiliki pertumbuhan yang lambat. Bisa saja hal tersebut karena kekurangan vitamin B1. Kekurangan vitamin B1 juga bisa menyebabkan ayam menjadi lumpuh.

Jari ayam saling terkait atau melengkung ke dalam

Perhatikan bagian jari-jari ayam. Jika jari terlihat saling terkait atau melengkung ke dalam, bisa dipastikan ayam ternak mengalami kekurangan vitamin B2.

Dermatitis

Ayam yang terserang penyakit dermatitis atau timbul kutil di bagian kaki dan jari, biasanya ayam tersebut sedang kekurangan vitamin B6. Kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan keruping-keruping di bagian sudut mulut.

Bulu kusam dan lemah

Ayam yang tampak kusam, kurus, pada bagian kelopak mata keluar endapan putih, serta pertumbuhannya lambat, bisa jadi ayam sedang kekurangan vitamin K.

Pembentukan bulu tidak sempurna

Jika bulu ayam tidak tumbuh sempurna, terdapat beberapa jaringan tubuh yang rusak, peka terhadap aflatoxin dan chlorid hydrocarbon, proses reproduksinya terganggu, serta pertumbuhannya melambat, bisa jadi ayam tersebut sedang kekurangan protein.

Baca Juga:  Segmentasi Usaha Ternak Itik yang Bisa Dipilih

Ayam lemas

Ayam yang tampak lemas tidak bisa beraktivitas seperti biasa serta sistem metabolismenya terganggu bisa saja disebabkan oleh kekurangan lemak. Namun, jangan sampai ayam mengalami kelebihan lemak karena dapat membuat kualitas daging menurun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


loading...