Penyakit Bintik Putih Pada Lele


Pertanianku – Penyakit bintik putih atau white spot sering menyerang ikan lele mulai dari benih hingga konsumsi. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hidrophylla ini sangat ditakuti oleh para pembudidaya lele karena belum ada obatnya. Jika lelen terserang, banyak pembudidaya yang menyerah dan membiarkan lelenya mati. Namun, penyakit ini bisa disembuhkan dengan pupuk higeinis. Adapun caranya sebagai berikut.

Penyakit Bintik Putih Pada Lele

  1. Siapkan sebuah kolam yang sudah dibersihkan dan dikeringkan selama 1—2 hari. Sebaiknya kolam yang digunakan adalah kolam terpal atau kolam tembok. Namun, kolam tanah juga bisa digunakan asalkan tidak bocor agar airnya bisa bertahan lama.
  2. Kolam tersebut diisi air setinggi 30—40 cm. Sebaiknya air tersebut sudah diendapkan selama 2—3 hari, baik di kolam tersebut maupun di kolam yang lain, tetapi nanti dialirkan ke kolam tersebut. Jika tidak ada air yang diendapkan, penggunaan air baru juga diperbolehkan.
  3. Tebarkan ikan yang terserang penyakit white spot ke dalam kolam tersebut. Penebaran sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari agar pupuk higeinis bisa meresap ke dalam tubuh ikan selama semalaman.
  4. Siapkan pupuk higeinis yang sudah disaring lalu masukan dalam botol bekas air minum yang tutupnya sudah diberi lubang. Pupuk higienis itu harus difermentasi selama 12 jam, bukan 3 jam.
  5. Biarkan selama terjadi pengobatan. Biasanya penyakit ini mulai sembuh dalam dua hari dan sembuh total dalam waktu empat hari.

 

Sumber: Buku Panen Lele Secara intensif

 

loading...
loading...