Penyakit Borok Pada Lele


Pertanianku – Selain penyakit bintik putih, penyakit borok juga sangat ditakuti oleh para pembudidaya. Penyakit ini biasanya menyerang benih lele mulai dari ukuran 7—8 cm hingga konsumsi. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hidrophylla dan parasit Trichodina sp. ini terjadi karena air yang terlalu kotor dan bau. Agar tidak terserang, beri aliran air atau lakukan penggantian air. Namun, bila sudah terserang bisa disembuhkan dengan pupuk higeinis. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

Penyakit Bintik Putih Pada Lele

  1. Siapkan kolam yang sudah dibersihkan dan dikeringkan selama 1—2 hari. Sebaiknya kolam yang digunakan adalah kolam terpal atau tembok.
  2. Kolam tersebut diisi air setinggi antara 30—40 cm. Sebaiknya air yang digunakan berasal dari sumur atau sumber air bersih lainnya.
  3. Tebarkan ikan yang terserang penyakit borok ke dalam kolam tersebut. Penebaran ini sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari agar pupuk higeinis bisa meresap ke dalam tubuh ikan selamasemalaman.
  4. Siapkan pupuk higienis yang sudah disaring lalu masukan dalam botol bekas air minum yang tutupnya sudah diberi lubang. Pupuk higienis harus difermentasi selama 12 jam.
  5. Biarkan selama 5—7 hari. Biasanya penyakit ini mulai sembuh pada hari keempat dan sembuh total pada hari keenam.

 

Sumber: Buku Panen Lele Secara intensif

Baca Juga:  Nelayan dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan
loading...
loading...