Penyakit Busuk Buah Kakao, Cegah Sebelum Terlambat

Pertanianku Penyakit busuk buah kakao menjadi momok bagi petani kakao, apalagi jika intensitas curah hujan sedang tinggi. Pasalnya, penularan penyakit ini dapat terjadi akibat tetesan air hujan yang mengenai buah kakao yang sudah sakit. Selain itu, tingkat kelembapan yang tinggi juga menyebabkan penyakit ini menjadi semakin mudah berkembang biak.

penyakit busuk buah kakao
foto: Pertanianku

Penyakit busuk buah kakao masih bisa dicegah melalui beberapa cara. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, simak ulasan di bawah ini cara-cara mencegah penyakit busuk buah kakao.

Lakukan pemeriksaan secara rutin

Pemeriksaan perlu dilakukan secara rutin dan sudah dimulai sejak awal musim hujan. Pemeriksaan terus dilakukan setelah 2—3 hari turun hujan pada semua buah dengan berbagai ukuran. Pasalnya, penyakit ini menyerang berbagai umur buah, baik yang masih muda hingga sudah masak. Buah yang sudah terinfeksi harus segera dibuat dengan cara hati-hati jangan sampai bibit penyakit tersebut berjatuhan ke bagian tanaman lain.

Buah yang sudah terinfeksi dapat ditimbun ke dalam tanah dan berikan EM4 dan pupuk urea, atau pupuk kandang apabila ingin diolah menjadi kompos. Buah juga bisa dibakar, tetapi modal untuk bahan pembakaran terbilang cukup mahal.

Jarak tanam

Penetapan jarak tanam antarbibit harus disesuaikan dengan benar agar sirkulasi udara dan tingkat kelembapan di dalam kebun terjaga dengan baik. Tingkat kelembapan yang rendah menyebabkan ketersediaan air untuk penyebaran spora semakin rendah. Dengan begitu, penyakit busuk buah kakao tidak akan mudah menyebar ke bagian tanaman lain.

Lakukan pemangkasan secara rutin

Lakukan teknik pemangkasan yang tepat, tetapi tanaman tidak boleh terlalu renggang untuk menghindari serangan hama Helopeltis spp.

Bersihkan gulma

Pembersihan gulma harus dilakukan secara teratur, terutama pada awal dan selama musim hujan. Keberadaan gulma dapat menghambat sirkulasi udara di sekitar perkebunan sehingga menyebabkan tingkat kelembapan menjadi tinggi. Jalan semut yang biasa menempel di tanah dan batang pohon tanaman perlu dihilangkan.

Baca Juga:  Cara Mengajukan KUR untuk Membiayai Usaha Tani Cabai

Gunakan mulsa

Mulsa berguna untuk mengurangi percikan inokulum dari tanah ke buah yang menempel pada bagian batang terdekat dari tanah.


loading...