Penyakit Ikan Tawar yang Disebabkan oleh Copepoda

Pertanianku – Copepoda adalah hewan kecil sebangsa udang-udangan yang biasanya hampir tak terlihat oleh mata telanjang. Beberapa kelompok copepoda merupakan parasit pada ikan, di antaranya Argulus sp. dan Lernae sp.

Penyakit Ikan Tawar yang Disebabkan oleh Copepoda

1) Argulus sp.

Loading...

Argulus sp. menyerang ikan dengan cara menempelkan dan mengaitkan embelan dadanya pada insang ikan kemudian mengisap sari-sari makanan. Oleh karena bentuknya menyerupai kutu, parasit ini sering disebut kutu ikan. Ikan yang terserang kutu ikan akan menunjukkan gejala-gejala seperti pergerakannya sangat lemah, tubuhnya terlihat kurus dan berwarna merah, serta terjadi pendarahan. Bila menyerang dalam jumlah banyak, pada tubuh ikan akan terbentuk sebuah koloni Argulus sp.

Pengendaliannya dapat dilakukan antara lain dengan merendam ikan dalam air garam 10—15 g/l selama 15 menit, merendam dalam larutan lindane 0,02 selama 5 jam, atau merendamnya dalam larutan neguvon 1 g/l air selama 30 menit.

2) Lernaea sp.

Parasit ini biasa dijumpai di tubuh bagian luar dari ikan air tawar dan biasanya menyerang dengan cara melekatkan diri pada tubuh ikan pada saat stadia copepodid.

Gejala serangan pada ikan antara lain adanya bekas tusukan dan di sekitar tusukan tersebut akan terlihat bengkak dan berdarah. Kondisi ini membuat tubuh ikan menjadi lemah karena biasanya juga mengalami infeksi sekunder dari bakteri dan jamur.

Pengendalian dilakukan dengan cara merendam ikan dalam larutan formalin 25 ppm selama 10—15 menit dengan frekuensi perendaman tiga hari berturut-turut atau dengan menyemprotkan neguvon dengan dosis 0,5 ppm/fastac dengan dosis 1 ppm.

 

Sumber: Buku Budidaya Ikan di Kolam Terpal

 

 

Baca Juga:  Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Budidaya Teripang
Loading...
Loading...