Penyakit Ikan Tawar yang Disebabkan Oleh Nematoda

Pertanianku – Nematoda (cacing gilig) merupakan cacing renik yang terbiasa hidup melalui inang maupun tanpa inang. Nematoda menginfeksi ikan melalui rantai makanan, terutama ikan yang diberi makan berupa pakan hidup karena cacing ini banyak ditemukan pada usus atau organ benih ikan.

Penyakit Ikan Tawar yang Disebabkan oleh nematoda

Jenis-jenis nematoda yang kerap menyerang ikan adalah Trichuridea sp., Heterocheilidae sp., Camallanus sp., dan Spinitectus sp.

Loading...

Gejala yang muncul bila ikan terserang penyakit ini antara lain ikan menjadi kurang nafsu makan, terjadi inflamasi, hemoragik (pendarahan), pembengkakan di perut, banyak memproduksi lendir, atau mengalami kerusakan fisik lainnya.

Pengendalian yang bisa dilakukan adalah dengan merendam ikan dalam larutan PK 5 mg/l selama 30 menit, pemberian garam dapur 40 mg/l selama 24 jam, serta perendaman dalam larutan methylen blue 1 g/m3. Untuk pencegahan, sebaiknya pada pakan alami dilakukan perlakuan terlebih dahulu, misalnya dengan merendam pakan alami dalam larutan PK 5 mg/l selama 30 menit atau dengan disinfeksi telur menggunakan Dylox 0,8 ppm atau Ziram 1 ppm.

 

Sumber: Buku Budidaya Ikan di Kolam Terpal

 

 

Baca Juga:  Olahan Daging Ikan Lele yang Berpotensi Menghasilkan Cuan
Loading...
Loading...