Penyakit Ikan Tawar yang Disebabkan oleh Virus

Pertanianku – Virus adalah organisme penyakit yang sangat kecil dengan ukuran 20— 300 nm. Mayoritas virus patogen yang biasa menyerang ikan merupakan virus berbentuk peluru. Di dalam tubuh ikan, virus akan bersifat laten dan akan meledak sebagai wabah ketika ikan berada pada kondisi lemah. Ikan yang terserang virus sering kali tanpa disertai tanda klinis, tetapi infeksinya bisa membuat jaringan tubuh ikan mengalami kerusakan, terjadi penurunan pertumbuhan, menyebabkan hilangnya fungsi selular, dan dapat menyebabkan kematian.

Penyakit Ikan Tawar yang Disebabkan oleh Virus

Harpes virus adalah salah satu penyakit ikan yang disebabkan oleh virus, misalnya ikan karper dan nila. Gejala klinis yang munculpada ikan yang terserang antara lain pendaharan di insang, bercak putih  berlendir, mata pucat, grogi, dan terjadinya borok di tubuh ikan. Dalam waktu kurang dari 10 hari, ikan yang terserang virus ini akan mengalami kematian dan biasaya terjadi secara massal.

Loading...

Pengendalian virus masih sulit dilakukan karena belum ditemukan obat yang tepat. Namun, dengan memberikan penyuntikan antibiotik dosis 25 mg/ kg berat tubuh ikan diketahui dapat mengurangi serangan virus.

 

Sumber: Buku Budidaya Ikan di Kolam Terpal

 

 

Baca Juga:  Produk Olahan Ikan Asal UMKM Bogor Go Internasional Melalui Marketplace
Loading...
Loading...