Penyakit Jamur Tiram dan Pengendaliannya


Pertanianku – Dalam melakukan proses budi daya tentu tidak akan terlepas dari adanya gangguan, yakni serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan atau pengendalian hama dan penyakit yang biasa menyerang jamur tiram. Hama dan penyakit jamur tiram dipengaruhi oleh keadaan lingkungan maupun jamur itu sendiri sehingga antara tempat budi daya yang satu dengan yang lain bisa terserang jenis hama dan penyakit yang berbeda.

Penyakit Jamur Tiram dan Pengendaliannya

Berikut adalah jenis penyakit yang umum menyerang jamur tiram beserta pengendaliannya.

  1. Tumbuhnya cendawan atau jamur lain

Jamur lain yang kerap menganggu pertumbuhan jamur tiramantara lain Mucor sp., Rhiozopus sp. yang tumbuh pada substrat/  baglog. Penyakit ini dapat menyerang baglog yang sudah dibuka ataupun belum. Serangannya mengakibatkan pertumbuhan jamurtiram terhambat, bahkan tidak tumbuh. Hal ini antara lain karena kondisi lingkungan terlalu lembap  atau peralatan yang digunakan selama proses penanaman atau pemeliharaan tidak steril. Untukmengatasinya, pastikan selalu kebersihan peralatan serta media yangdigunakan dan jaga kelembapan ruang pemeliharaan agar tidakberlebihan. Baglog yang sudah terkontaminasi cendawan atau jamur lain segera dikeluarkan dan dibakar.

2. Tangkai memanjang

Penyakit ini ditandai dengan tangkai yang terlalu panjang dan tubuh buah kecil atau tidak berkembang secara maksimal. Penyakit ini merupakan penyakitfisio-logi yang disebabkan oleh karbondioksida ber-lebih karena ventilasi yang kurang. Untuk mencegahnya, ventilasi udara harus selalu optimal.

Baca Juga:  Indonesia Krisis Petani, Bupati Luwu Utara Ajak Kaum Millenial Bertani Kakao
loading...
loading...